Tips Menghadapi Bos Ribet

Suasana di kantor memang ada sisi menyenangkan, namun juga ada sisi tidak menyenangkan. Salah satu faktornya adalah bos yang ada di kantor. Menghadapi bos di kantor memang tidak mudah, apalagi jika bos yang kamu miliki termasuk dalam bos yang ribet. Memang bos yang ribet seperti apa? Tipe bos yang ribet biasanya suka memberikan pekerjaan yang mendadak dengan timeline yang tidak masuk akal, menganggap dirinya benar sendiri, serta mempunyai banyak kemauan.

Punya bos yang ribet memang merepotkan. Mau protes, tapi dia bos. Mau diturutin terus, tapi kamu pasti makan hati. Tapi tenang saja, ada kok tips untuk menghadapi bos yang ribet. Apa saja tipsnya?

  1. Jadilah pribadi yang inisiatif

Di pagi hari, sebaiknya kamu intensif memberikan update apa yang akan kamu kerjakan di hari itu dan memberikan sedikit review mengenai yang dikerjakan hari kemarin. Hal ini dilakukan agar bos punya gambaran mengenai apa yang akan kamu lakukan. Lebih baik lagi jika kamu menyampaikan apa kesulitanmu sehingga dia bisa tersentuh untuk memberikan masukan.

  1. Miliki landasan yang rasional jika ingin berargumen

Selalu berikan update ke bos jika pekerjaanmu sedang menumpuk. Kamu harus berani berbicara padanya jika ada deadline baru yang sulit untuk diselesaikan. Namun, kamu juga harus hati-hati dalam memberikan argumen/alasan, jelaskan apa risikonya jika kamu terlalu banyak load pekerjaan. Intinya, jika kamu kepepet, bernegolah.

  1. Perseteruan itu tak harus dimenangkan

Ketika kita menghadapi bos, seringkali kita terjebak pada perdebatan. Jangan terlalu defensif berdebat, karena bos akan berpikir bahwa kamu hanya alasan saja. Jangan terlalu memaksakan opinimu benar, sekali-kali kita harus menyenangkan bos dengan mengiyakan kata-katanya. Jika pun kata-katanya salah, dia pasti akan menyadarinya belakangan.

  1. Belajar mengatur waktu

Dengan bos seperti ini, pasti kamu punya satu pelajaran berharga. Kamu akan makin cekatan dalam mengatur beban pekerjaanmu. Setiap hari kamu akan terbiasa untuk mengatur waktu dan menyesuaikan deadline satu dengan yang lain. Ingat di awal interview kerja pasti kamu sempat berucap bahwa kamu siap menghadapi pekerjaan yang diberikan dan berusaha menyelesaikannya tepat waktu.

Menjalankan empat tips ini memang butuh waktu, namun jika kamu berhasil mengaplikasikannya, pasti lama-kelamaan kamu akan bisa menaklukkan si bos. Ingat di depan bos, kamu jangan terlihat lemah, apalagi gampang sakit. Minimal pastikan tangan bebas kuman selama bekerja dengan hand sanitizer seperti Antis Lucky Charm. Jaga kesehatan dan tetap semangat menaklukkan bos demi masa depan lebih cerah!

Email Print