Tips Supaya Kamu Bisa Lulus Kuliah Dalam Waktu Cepat dan Tepat

Sebagai mahasiswa, tentunya kamu ingin lulus cepat dan tepat waktu kan? Nah, normalnya sih mahasiswa bisa lulus dalam delapan atau sembilan semester. Namun, ketika kamu malas-malasan, kamu bisa saja lulus dengan waktu di atas sepuluh semester. Hmm, lama juga ya.

Untuk lulus cepat dan tepat waktu, tentu saja kamu tidak bisa diam saja. Kamu harus menjalankan beberapa tips supaya kamu bisa lulus kuliah dalam waktu yang cepat serta tepat. Seperti apa tips ini?

  1. Bikin target IP setiap semesternya

Sebagai mahasiswa, kamu juga perlu rencana untuk membuat target indeks prestasi setiap semesternya. Kenapa begitu? Hal ini dilakukan supaya mencegah IPmu tetap di batas normal, sehingga kamu tetap bisa mengambil SKS yang maksimal.

  1. Jauhi niat bolos

Menjadi mahasiswa tidak boleh terlena dengan perasaan malas. Terkadang kamu pasti mengalami yang namanya malas masuk kelas. Nah, perasaan seperti ini yang perlu kamu hindari. Bolos bisa membuatmu melewatkan informasi yang penting, yang kemudian bisa berefek panjang ke waktu kelulusanmu. Dengan rajin masuk, kamu juga akan lebih paham mengenai pelajaran kuliah dan lebih mudah melewati setiap proses kuliahmu. Jaga juga kesehatanmu supaya kamu bisa masuk kuliah terus. Minimalisir kuman penyebab penyakit yang masuk ke tubuh melalui tangan dengan setia menggunakan Antis Hand Sanitizer.

  1. Perhatikan mata kuliah prasyarat

Setiap semester, kamu harus memperhatikan mata kuliah apa saja yang perlu kamu ambil. Untuk mendapatkan kelulusan, ada beberapa mata kuliah syarat yang harus dipenuhi dengan minimal nilai tertentu. Jangan sampai kamu tidak teliti dalam mengambil mata kuliah ini, lalu malah sulit untuk lulus karena ada mata kuliah prasyarat yang belum kamu ambil.

  1. Rutin diskusi dengan dosen

Menjadi dekat dengan dosen itu sebenarnya adalah sesuatu yang menguntungkan. Dosen bisa memberimu kisi-kisi bagaimana kamu bisa sukses perkuliahan dan lulus dengan cepat serta tepat waktu. Dosen juga bisa menceritakan pengalaman alumni lain yang bisa menginspirasimu.

  1. Tetap kembangkan soft skill

Kuliah dengan waktu yang singkat bukan berarti kamu mengabaikan pengembangan soft skill. Kamu harus tetap aktif di organisasi selama kuliah untuk memperluas jejaring dan mengasah kemampuan soft skill. Hal ini penting untuk mempersiapkanmu ke dunia kerja setelah lulus.

  1. Pilih topik skripsi yang kamu kuasai

Terakhir tapi tak kalah penting, kamu sebaiknya memilih topik skripsi yang kamu kuasai. Dengan ini, kamu bisa lebih cepat mengerjakan skripsi. Banyak mahasiswa yang terganjal waktu mengerjakan skripsi karena dia tidak begitu paham mengenai topik yang diambil.

Dari sekian banyak tips di atas, mana yang sudah kamu lakukan, Sahabat Antis? Yuk share artikel ini ke teman-temanmu supaya semuanya bisa lulus dengan cepat.

Email Print