Tips untuk Para Pengusaha untuk Menjaga Karyawan dan Konsumennya di Era New Normal

Antis Akhirnya setelah menghimbau untuk bekerja di rumah (work from home), kini pemerintah telah mengizinkan perkantoran kembali beroperasi di kehidupan new normal ini. Di tengah pandemi seperti saat ini, roda perekonomian harus tetap berjalan namun juga mengedepankan protokol kesehatan.

Perusahaan dan konsumennya memiliki peran besar dalam memutus rantai penyebaran virus covid-19 atau corona karena saat aktivitas bekerja pasti terjadi interaksi. Lingkungan kerja dengan populasi dan mobilitas yang tinggi sangat berisiko terjadi penyebaran virus.

Oleh karena itu berikut ada tips untuk para pengusaha untuk menjaga karyawan dan konsumennya di era new normal ini.

Tips Menjaga Karyawan dan Konsumen

Memberlakukan Protokol Kesehatan

Saat new normal, diusahakan pihak manajemen perusahaan untuk senantiasa memantau informasi perkembangan virus corona secara berkala untuk panduan protokol kesehatan. Pengusaha harus menghimbau para pekerjanya untuk memakai masker saat di lingkungan kerja, serta menyediakan hand sanitizer di dalam kantor, memeriksa suhu tubuh setiap karyawan yang hendak masuk.

Tamu yang hendak masuk juga harus dibatasi, serta diberlakukan protokol kesehatan yang sama dengan karyawan.

Kamu juga bisa membentuk tim penanganan virus corona di tempat kerja untuk membersihkan segala sudut setelah aktivitas kerja.

Membuat Kebijakan Jika Ada yang Sakit

Di era new normal ini, kamu bisa membuat kebijakan dan prosedur untuk para pekerjamu untuk melapor jika ada karyawan yang mengalami gejala virus corona untuk dilakukan pemantauan oleh petugas kesehatan.

Sosialisasi Kepada Pekerja

Edukasi tentang corona ini sangat penting dilakukan, untuk memberi pemahaman bagi pekerja yang belum mengerti tentang pencegahan, serta mengurangi kecemasan berlebih di tempat kerja.

Selain memberikan edukasi, kamu juga bisa mengadakan penyuluhan tentang tips pola hidup sehat kepada pekerjamu.

Membatasi Waktu Lembur

Nah di era new normal ini, walaupun kantor sudah beroperasi kembali, disarankan untuk membatasi waktu lembur bagi para pekerjamu. Ini penting karena jika ada pekerja yang harus lembur, otomatis mereka akan kekurangan waktu istirahat yang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuhnya menurun.

Jika sistem kekebalan tubuh menurun, bisa rentan terkena virus atau penyakit.

Memberi Asupan Makanan Bergizi

Di tengah pandemi saat ini, makanan bergizi sangatlah penting untuk menjaga imun tubuh. Kamu sebagai pengusaha bisa memberikan makanan sehat pada karyawanmu berupa buah-buahan dan sayuran untuk jam makan siang. Bisa juga dengan memberikan camilan berupa buah-buahan untuk dimakan saat sela-sela bekerja.

Itulah tips untuk menjaga karyawan dan konsumennya di era new normal ini. Selalu terapkan protokol kesehatan dan sediakan hand sanitizer di setiap sudut kantor. Kamu sebagai pengusaha juga harus membawa Antis hand sanitizer setiap pergi ke kantor.

Email Print