Cara Aman Makan Kue Cubit Setengah Matang
cara-aman-makan-kue-cubit-setengah-matang

Kamu tahu kue cubit setengah matang?

 

Siapa sih yang tidak kenal dengan camilan yang satu ini. Rasanya yang gurih dan manis dengan tekstur yang lumer di mulut memang membuat siapa saja jadi ketagihan. Tak heran jika gerai kuliner yang menjajakan kue cubit setengah matang selalu ramai pembeli.

 

Tetapi ternyata ada bahaya dibalik konsumsi kue cubit setengah matang lho. Memakan kue cubit setengah matang dengan cara yang kurang tepat dapat menyebabkan kamu terserang penyakit.

 

Mengapa Kue Cubit Setengah Matang Berbahaya Bagi Kesehatan?
Salah satu bahan dasar pembuatan kue cubit setengah matang adalah telur ayam. Jika telur ayam tidak dimasak hingga matang sempurna, maka bakteri Salmonella yang terkandung di dalamnya kemungkinan besar masih hidup. Bakteri yang termakan bersama kue cubit setengah matang tentu dapat menimbulkan gangguan pada kesehatanmu.

 

Kontaminasi jenis bakteri yang satu ini akan bertambah para seandainya kamu tidak mengonsumsi kue cubit hingga 4 jam setelah diangkat dari loyang. Di samping itu, gangguan kesehatan lainnya juga dapat timbul karena pengaruh tepung terigu. Sebab tepung terigu yang tidak dimasak sampai matang akan lebih mudah basi.

 

Efek yang Ditimbulkan Oleh Bakteri Salmonella
Efek yang ditimbulkan oleh kontaminasi bakteri salmonella cukup variatif dan tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing individu. Menurut Chef Setiyanto dilansir dari CNN Indonesia, bakteri salmonella dapat menyebabkan seseorang diare dan mengalami muntah-muntah. Bahkan lebih parahnya lagi bakteri salmonella juga bisa menyebabkan penyakit typhus lho.

 

Bagaimana Sih Cara Aman Makan Kue Cubit Setengah Matang?
Alangkah baiknya jika kamu membuat sendiri kue cubit setengah matang kesukaanmu. Berdasarkan penuturan Chef Billy Kalangi dikutip dari Okezone, memasak makanan setengah matang harus dilakukan dengan suhu yang tinggi serta waktu yang cepat. Seperti membuat chocolate volcano cake yang membutuhkan waktu 8 menit dengan suhu 200 derajat celcius.

 

Membuat kue cubit setengah matang sendiri tentu jauh lebih higienis daripada membelinya di luar. Kamu pun bisa menyesuaikan suhu kompor untuk mendapatkan tingkat kematangan yang tepat. Jika kamu mengikuti prosedur pembuatan kue cubit dengan benar, niscaya kue cubit kesukaanmu akan higienis dan aman di makan. Jangan lupa membersihkan tanganmu dengan Antis Spray sebelum menyantap kue cubit favoritmu.

 

Email Print