5 Trik Berhemat untuk Para Mahasiswa Perantau

Kaum mahasiswa harus melakukan banyak hal untuk berhemat setiap bulan. Maklum saja, uang saku yang pas-pasan memang membuat kamu harus lebih pandai berhemat. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa perantau yang menetap di tempat indekos sekitar kampus. Sudah pasti kamu harus lebih siaga menata keuangan.

 

Jika tidak mau sengsara di tengah atau akhir bulan, sebaiknya kamu mencoba 5 trik berhemat berikut ini supaya bisa memiliki tabungan lebih sebagai dana cadangan :

 

Belanja Barang-Barang Kebutuhan di Awal Bulan

Saat uang saku tiba di awal bulan, sisihkanlah uang untuk membeli berbagai barang-barang kebutuhan seperti peralatan kebersihan (sabun mandi, shampo, pasta gigi), persediaan makanan dan beberapa barang kebutuhan lainnya. Sehingga persediaan barang-barangmu bisa digunakan selama sebulan ke depan.

 

Menyisihkan Uang untuk Kebutuhan Kampus

Hal yang satu ini sering dilupakan oleh para mahasiswa, termasuk mahasiswa perantau. Menyisihkan uang untuk membeli buku, servis laptop, memfotokopi catatan, dan hal-hal lainnya sangat penting lho. Uang yang sudah disisihkan tidak akan mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari serta biaya indekos.

 

Cobalah untuk Mencuci Baju Sendiri

Jika biaya indekos belum termasuk biaya cuci baju oleh asisten rumah tangga di tempat tersebut, usahakan untuk mencuci bajumu sendiri. Membawa baju ke laundry hanya akan membuatmu boros. Sementara jika mencuci baju sendiri, kamu bisa berhemat dan hanya membutuhkan uang untuk membeli deterjen serta pelembut pakaian.

 

Memasak Makanan Sendiri

Memasak makanan sendiri memang terdengar repot. Tetapi hal ini tidak terasa merepotkan jika kamu sudah terbiasa. Kamu bisa memasak sesuai porsi dan seleramu. Jika kamu benar-benar tidak sempat memasak lauk dan sayur, setidaknya kamu bisa memasak nasi sehingga hanya perlu membeli lauk dan sayur matang.

 

Jangan Lupa Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan bisa membuatmu jadi lebih hemat? Tentu saja. Kalau kamu sakit, maka kamu harus mengeluarkan biaya untuk membeli obat atau ke dokter. Serangan penyakit biasa seperti virus influenza pun bisa mengganggu aktivitas dan keuanganmu. Jika kamu sehat, kamu bisa berhemat secara maksimal.

 

Salah satu cara agar senantiasa sehat adalah mengonsumsi makanan bergizi dan menjaga kebersihan tubuh. Mulailah dari kebiasaan sehat yang sederhana. Misalnya dengan rajin mencuci tangan dan menyiapkan hand sanitizer untuk membersihkan tangan di mana pun kamu berada.

antis-antiseptic-3

Mahasiswa perantau yang cermat tak akan kekurangan uang menjelang akhir bulan. Dengan berhemat, uang tabungan pun dapat dialokasikan untuk kebutuhan penting lainnya.

 

Email Print