Agar Makin Sehat, Perhatikan Cara Sehat Menyantap Sushi
Cara Sehat Menyantap Sushi

Sushi bukanlah jenis makanan yang asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Hidangan khas Jepang yang satu ini mulai digemari oleh banyak orang terutama generasi muda. Selain rasanya sedap, sushi juga sangat mudah dibuat dengan menggunakan aneka bahan makanan segar. Tetapi menyantap sushi dengan cara yang tidak benar malah berisiko buruk bagi kesehatanmu. Agar sushi kesukaanmu semakin sehat, jangan lupa perhatikan hal-hal ini ketika menyantapnya, ya. Di artikel ini akan dibahas beberapa tips jitu cara sehat menyantap sushi.

4 Cara Sehat Menyantap Sushi

  • Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Nasi
    Nasi yang terlalu banyak pada sushi hanya akan membuat tubuhmu menimbun kalori secara berlebihan. Bila sudah begini, tentu saja kamu berisiko mengalami kelebihan berat badan bahkan obesitas. Konsumsi sushi yang berbahan nasi dalam jumlah secukupnya. Sebaiknya konsumsi sushi dilakukan untuk menggantikan satu kali waktu makan misalnya makan siang atau makan malam. Tak perlu mengonsumsi nasi lagi setelah makan sushi karena kebutuhan nutrisi bagi tubuhmu sudah tercukupi.
  • Jangan Menambahkan Banyak Saus
    Aneka jenis saus seperti mayonnaise atau thousand island memang membuat citarasa sushi jadi lebih lezat. Faktanya, menambahkan saus dalam jumlah banyak nyatanya juga menambah asupan kalori pada sushi. Manfaat gizi dalam sushimu akan jauh lebih baik bila kamu mengurangi penambahan saus ketika menyantapnya.
  • Bolehkah Mengonsumsi Sushi Berbahan Mentah?
    Sushi berbahan mentah (sashimi dan beberapa jenis sushi lainnya) kerap disukai karena citarasanya yang segar dan gurih alami. Kamu boleh saja mengonsumsi sushi berbahan mentah, tetapi kamu harus memperhatikan kualitas bahan yang digunakan. Jangan sampai bahan mentah yang sudah tercemar bakteri salmonella malah membuatmu mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, bakteri salmonella juga bisa mengganggu sistem pencernaan melalui tangan yang kotor. Bersihkan tanganmu sebelum dan sesudah makan untuk meminimalkan risiko kontaminasi bakteri. Kalau tak mau repot cuci tangan dengan air, produk hand sanitizer antis spray juga bisa menjadi pilihan yang tepat untu menjaga kebersihan tanganmu.
  • Mengurangi Konsumsi Kecap Asin
    Citarasa sushi semakin istimewa jika disajikan dengan kecap asin. Namun kamu harus hati-hati ketika mengonsumsi kecap asin, ya. Jangan mengonsumsi secara berlebihan agar tidak mengganggu kesehatanmu. Kecap asin mengandung sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Bila terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi sodium, kamu bisa mengalami tekanan darah tinggi dan komplikasi penyakit lain seperti stroke, pengerasan pembuluh darah, dan gangguan jantung.

Mulai sekarang, kamu pasti akan menyantap sushi kesukaanmu dengan cara yang tepat, ya. Kelezatan sushi yang kaya gizi akan membuatmu sehat setiap saat.

Tahukah kamu? Enam Benda Kantor Rawan Kuman

 

Email Print