Saatnya Mengenali Ciri-Ciri Jajanan yang Tidak Sehat

Sudah bukan rahasia lagi kalau anak sekolah atau anak kuliahan masih suka membeli jajanan kaki lima. Mungkin kamu juga termasuk salah satu di antaranya. Menyantap jajanan kaki lima memang asyik, ya. Selain harganya yang terjangkau, rasanya pun tak kalah dengan jajanan mahal yang ada di mall.

 

Tetapi mulai sekarang tampaknya kamu harus lebih hati-hati lho. Karena banyak sekali pedagang jajanan kaki lima yang curang dan menggunakan bahan berbahaya atau bahan bermutu rendah. Sebenarnya mengenali ciri-ciri jajanan kaki lima yang tidak sehat itu mudah kok. Kamu bisa mencermati beberapa tipsnya berikut ini :

 

Warna dan Rasa yang Mencolok
Inilah salah satu ciri-ciri jajanan kaki lima yang kandungannya tidak sehat. Warna makanan atau minumannya biasanya sangat terang, mencolok, dan sangat menarik. Siapa pun akan merasa tergiur dengan warna-warni jajanan yang menggoda. Namun sayangnya, warna yang menarik tersebut biasanya tidak berasal dari bahan-bahan alami.

 

Hal yang sama juga bisa diamati dari segi rasa jajanan. Jajanan yang menggunakan zat aditif secara berlebihan akan terasa sangat gurih atau sangat manis. Tak jarang zat aditif tersebut malah menimbulkan efek ketagihan jika dikonsumsi secara terus menerus.

 

Kondisi Kebersihan Pedagang Kaki Lima
Kondisi kebersihan pedagang kaki lima yang menjual jajanan juga menjadi hal yang tak boleh luput dari perhatianmu, ya. Perhatikan peralatan memasak, kebersihan diri sang pedagang serta kebersihan lap dan perlengkapannya yang lain. dengan mengamati hal tersebut, kamu pasti bisa menilai jajanan mana yang layak kamu konsumsi dan mana yang sebaiknya dihindari.

 

Harga yang Terlalu Murah
Jangan senang dulu jika menemukan harga jajanan kaki lima yang super murah dengan porsi yang besar. Sebab bisa saja pedagang jajanan tersebut menggunakan bahan bermutu rendah atau zat kimia untuk menekan biaya produksi dagangannya. Penambahan zat kimia berbahaya bisa membuat jajanan tersebut tahan hingga berhari-hari. Sehingga si pedagang pun tak akan merugi jika dagangannya tak habis dalam waktu satu hari.

 

Jadi, sekarang kamu tahu kan kalau bukan hanya kebersihan tangan saja yang penting untuk menjaga kesehatanmu. Menggunakan pembersih tangan yang praktis dan ampuh membasmi kuman memang baik. Namun kamu juga patut memperhatikan kebersihan jajanan kaki lima kesukaanmu. Jangan sampai kamu malah jatuh sakit karena mengonsumsi jajanan kaki lima yang tidak sehat.

antis-antiseptic-7

Email Print