Jenis Makanan Ini Bisa Picu Diare pada Anak

Sistem pencernaan anak memang masih rentan terhadap serangan penyakit. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan anak-anak harus dilakukan secara teliti, ya. Salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak-anak adalah diare.

 

Penyebab diare pada anak sangat beragam. Mulai dari lupa mencuci tangan hingga mengonsumsi jenis makanan yang bisa memicu diare. Ingin tahu apa saja jenis makanan yang bisa memicu diare pada anak? Yuk simak dulu ulasannya berikut ini!

 

Aneka Makanan yang Kaya Serat
Konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran memang sangat dianjurkan untuk memperlancar pencernaan anak. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu saja anak-anak jadi mudah diare. Jadi, porsi aneka makanan berserat seperti buah pepaya dan aneka sayuran hijau harus seimbang supaya pencernaan anak tetap sehat dan terhindar dari diare.

 

Konsumsi Pemanis Buatan
Pemanis buatan seperti sorbitol dan jenis lainnya memang tidak dianjurkan bagi anak-anak. Menurut WebMD, konsumsi sorbitol sebanyak 50 gram per hari berisiko membuat anak kram perut dan akhirnya menimbulkan diare. Hal ini dapat terjadi karena tubuh anak belum memiliki kemampuan yang baik untuk mencerna pemanis buatan. Sebaiknya berikan makanan dan minuman dengan rasa manis alami saja, ya.

 

Makanan yang Digoreng
“Jangan makan banyak gorengan, nanti bisa panas dalam.”

Ungkapan tersebut memang benar adanya. Di samping itu, konsumsi gorengan secara berlebihan dengan tambahan saus juga bisa menyebabkan diare. Alangkah lebih baik jika anak-anak dibiasakan untuk menyantap makanan sehat yang dimasak dengan teknik kukus, rebus, panggang, atau teknik memasak lainnya.

 

Ragam Makanan yang Mengandung Gas
Makanan yang mengandung gas mungkin hanya membuat orang dewasa jadi sering buang angin. Namun efek yang terjadi pada anak-anak ternyata lebih buruk lagi. Anak-anak dapat mengalami diare karena konsumsi makanan yang mengandung gas secara berlebihan. Aneka jenis makanan seperti asparagus, kol, brokoli, makanan berbahan dasar tepung terigu serta minuman bersoda adalah contoh makanan yang mengandung banyak gas.

 

Supaya anak-anak terhindar dari diare, biasanya orangtua menganjurkan untuk selalu mencuci tangan usai beraktivitas. Kini tak cuma mengingatkan anak-anak untuk cuci tangan dengan Antsi Spray yang praktis dan ampuh membasmi kuman, kamu pun patut mengingat aneka jenis makanan yang memicu diare pada anak. Saatnya menjaga anak-anak dengan baik agar terhindar dari serangan penyakit diare.

 

Email Print