Kontaminasi Silang dan Risiko Kesehatan yang Ditimbulkannya

Apakah kamu suka memasak sendiri di rumah?
Memasak memang menyenangkan, ya. Selain bisa berhemat, kamu juga bisa membuat hidangan yang porsinya besar serta sesuai dengan seleramu. Kalau kamu suka memasak, berarti kamu juga harus cermat membersihkan bahan makanan dan peralatan dapurmu. Jangan sampai terjadi kontaminasi silang ketika kamu memasak sehingga kesehatanmu dan orang yang menyantap makanan buatanmu jadi terganggu.

 

Apa Itu Kontaminasi Silang?
Masih banyak orang yang tidak mengetahui informasi tentang kontaminasi silang. Secara harafiah, kontaminasi silang dapat diartikan sebagai perpindahan kuman dari bahan makanan satu ke bahan makanan lainnya melalui perantaraan benda. Jadi, perpindahan kuman tak hanya terjadi melalui tangan yang kotor lho.

 

Kalau tangan yang kotor bisa dibersihkan dengan gel pembersih tangan, maka lain halnya dengan kontaminasi silang. Kamu harus lebih teliti melakukan langkah-langkah memasak untuk meminimalkan risiko kontaminasi silang.

 

Benda yang Bisa Menjadi Perantara Dalam Kontaminasi Silang
Proses kontaminasi silang dapat terjadi melalui penggunaan benda-benda yang sudah terkontaminasi kuman. Beberapa peralatan dapur seperti talenan kayu dan kain lap kerap jadi perantara yang memicu terjadinya kontaminasi silang.

 

Tidak mencuci talenan usai digunakan memotong daging serta menggunakan kain lap yang tidak bersih ketika memasak membuat risiko penyebaran kuman jadi semakin besar. Kuman yang menempel pada talenan kayu atau kain lap mudah berpindah pada bahan makanan lain saat kamu sedang memegang bahan makanan tersebut.

 

Akibat Fatal yang Ditimbulkan Kontaminasi Silang
Kontaminasi silang bisa menyebabkan makanan buatanmu mengandung bakteri dan kuman berbahaya. Pada kasus ringan, kontaminasi silang bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare. sementara untuk kejadian yang lebih parah, kontaminasi silang bisa membuat penderitanya mengalami keracunan makanan.

 

Cara Mencegah Kontaminasi Silang
Kamu bisa mencegah kontaminasi silang dengan cara yang relatif mudah. Gunakan talenan plastik yang tak mudah menyimpan kuman dan bakteri. Mendahulukan pengolahan sayuran sebelum mengolah daging akan membuat risiko kontaminasi silang semakin kecil. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bersih seluruh peralatan dapur dan kain lap sebelum dan sesudah memasak.

 

Satu hal yang juga tak boleh kamu lewatkan kala memasak adalah mencuci bersih tanganmu sebelum dan sesudah memasak. Kamu bisa menggunakan produk pembersih tangan tanpa air bila ingin mencuci tangan secara praktis dan efektif. Bila tanganmu sudah bersih, kamu pun siap berkreasi membuat makanan yang lezat, sehat, dan higienis.

 

Email Print