Hati-Hati, 5 Penyakit Ini Sering Timbul Usai Berlibur

Hampir semua orang pasti senang jika sempat berlibur di sela-sela rutinitas. Karena liburan membuat tubuh dan pikiran kembali segar dan bersemangat. Kalau sudah mendengar kata liburan, kamu pun langsung sumringah dan bergegas untuk merencanakan kegiatan liburan.

 

Liburan memang asyik. Tetapi kamu tidak boleh lupa menjaga kesehatan ya supaya tetap fit sepulang dari liburan. Lima penyakit ini ternyata sering timbul usai berlibur. Sehingga kamu harus berhati-hati agar tidak terganggu oleh 5 penyakit ini:

 

Penyakit Kulit
Penyakit kulit dapat timbul karena udara dan air yang kurang bersih di tempat berlibur. Gejala penyakit ini bermacam-macam, mulai dari rasa gatal, timbulnya ruam kulit, perih hingga gejala yang lebih serius lagi. Kamu patut menjaga kesehatan kulit selama berlibur dengan cara memastikan kondisi lingkungan di tempat berlibur dan rutin menggunakan produk perawatan kulit.

 

Diare
Kamu patut hati-hati dengan air minum atau makanan yang kotor di tempat berlibur. Sebab makanan dan minuman yang kotor bisa jadi mengandung bakteri yang berpotensi menyebabkan diare, misalnya bakteri salmonella atau E.Coli.

 

Setelah memastikan bahwa makanan yang akan kamu santap memang bersih, jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum makan. Tak perlu khawatir dengan cara membersihkan tangan saat berlibur. Kamu bisa membawa produk pembersih tangan tanpa airberbentuk gel atau cairan yang praktis dan higienis. Wisata kuliner pun jadi menyenangkan dengan tangan yang selalu bersih, bukan?

 

Infeksi Saluran Pernapasan
Kondisi udara yang mengandung banyak debu dan kotoran bisa membuat saluran pernapasan terganggu. Akibatnya, debu dan kotoran yang menumpuk di saluran pernapasan menimbulkan infeksi. Bila tidak segera ditangani, tentu saja infeksi ini bisa semakin parah dan mempengaruhi kinerja paru-paru.

 

Diabetes
Risiko penyakit diabetes ternyata semakin tinggi jika kamu tidak menjalani pola makan sehat selama liburan. Asupan kalori yang berlebihan dapat mengacaukan kinerja insulin dalam mencerna glukosa dalam tubuh. Selama berlibur, jangan lupa untuk menjalani pola makan sehat dan berolahraga secara teratur.

 

Infeksi Saluran Kemih
Mungkin kamu sering menahan pipis ketika kondisi sanitasi di tempat berlibur kurang bersih dan persediaan air bersih pun hampir tidak ada. Kamu patut waspada dengan kebiasaan ini. Sebab kebiasaan ini lama kelamaan bisa membuat infeksi saluran kemih mempengaruhi saluran pembuangan urine-mu. Segera periksakan diri ke dokter ketika kamu merasakan gangguan saat buang air kecil.

 

Sekarang kamu pasti tetap sehat sepulang liburan karena sudah mengetahui 5 sering penyakit yang sering menjangkiti tubuh usai berlibur. Mari menjaga kesehatan agar senantiasa produktif saat beraktivitas.

 

Email Print