Tradisi Sungkem Lebaran yang Harus Tergantikan dengan Video Call
video call mengganti tradisi di lebaran

Antisantikuman.com – Lebaran tinggal menghitung hari, namun ditengah wabah pandemi virus Covid-19 ini ada banyak tradisi yang tidak bisa dilakukan seperti biasa, salah satunya adalah tradisi sungkem, Tradisi sungkeman umumnya dilakukan oleh masyarakat jawa, karena istilah sungkem sendiri berasal dari bahasa jawa.

Sungkem memiliki arti sujud atau rasa bakti. Sungkeman merupakan tradisi yang dilakukan oleh orang yang lebih muda terhadap orang yang lebih tua, tujuanya adalah sebagai symbol rasa hormat dan permintaan maaf.

Mungkin tahun ini tradisi sungkem dengan orang tua dikampung tidak dapat dilakukan, namun bukan berarti kita melupakan makna dari proses sungkeman tersebut, silahturahmi harus tetap ada dengan cara menggunakan aplikasi video call seperti whatsapp, skype dan aplikasi video call lainya.

Kamu bisa meminta maaf dengan bertatap muka langsung  kepada orang tua dikampung dengan aplikasi video call, walaupun akan terasa berbeda rasanya, namun bisa sedikit mengobati rasa rindu kamu bertemu dengan keluarga.

Beberapa aplikasi video call yang dapat kamu gunakan sebagai sarana silahturahmi diantaranya:

  1. Whatsapp
    Pasti aplikasi ini sudah banyak terpasang di smartphone kamu dan keluargamu, selain melakukan aktivitas chat atau telp kamu bisa juga melakukan aktivitas video call dengan whatsapp, tidak hanya dengan 1 orang saja kamu bisa melakukan panggilan video call hingga dengan 4 orang sekaligus. Namun akhir – akhir ini sudah banyak informasi yang beredar bahwa video call whatsapp bisa digunakan lebih dari 4 orang dengan syarat menginstal WhatsApp versi beta pada versi 2.20.133 (Android) dan 2.20.50.25 (iOS) di Smartphone kamu dan keluargamu.
  2. Skype
    Skype adalah salah satu aplikasi pelopor video call yang sudah banyak digunakan sejak lama, dengan aplikasi Skype kamu bisa melakukan panggilan video call hingga 50 orang dengan 1 kali panggilan.
  3. Google Duo
    Selain dua aplikasi diatas google juga menawarkan aplikasi Google Duo untuk melakukan aktivitas panggilan video call. Kamu bisa membuat grup dan mengundang kerabat atau teman untuk melakukan video call. Namun google duo hanya bisa memanggil hingga 12 orang.

Selain melakukan video call secara langsung untuk meminta maaf, kamu bisa melakukan hal lain yang dapat membuat orang tua dikampung menjadi senang seperti mengirim ucapan selamat lebaran dalam bentuk video lalu dikirim kepada orang tua dikampung, tentunya dengan cara-cara yang kreatif sehingga menjadi kesan tersendiri bagi orang tua yang melihatnya.

Tidak adanya tradisi sungkem mungkin akan mengurangi moment disaat hari raya, namun ditengah pandemi virus Covid-19 ini keselamatan keluarga jauh lebih penting. Rasa rindu dan kangen saat ini bisa terbantu dengan adanya teknologi video call, sehingga kamu bisa tetap melakukan silahturahmi  dengan keluarga.

Email Print