Tujuh Macam Jajanan Pasar Paling Menarik (Kuliner Indonesia)

Bicara soal kuliner, Indonesia seolah tidak akan pernah kehabisan cerita. Beragam jenis makanan seolah tersedia di negeri ini. Adapun yang lebih menarik berbagai jajanan yang dapat mengganjal perut pun juga amat beragam di negeri ini. Berbagai bentuk dan rasanya pun sangat unik karena memiliki ciri khasnya masing-masing. Di Indonesia kita sering mendengar istilah jajanan pasar.

Jajanan pasar merupakan makanan tradisional Indonesia yang diperjualbelikan di pasar, khususnya di pasar-pasar tradisional. Dalam pengertian lain, jajanan pasar adalah berbagai macam kue yang pada awalnya diperjualbelikan di pasar-pasar tradisional. Jajanan pasar amat beragam bentuk dan rasanya. Dalam artikel ini, kami akan coba merangkumkan tujuh jajanan pasar paling menarik.

1. Lemper
Siapa yang tak kenal Lemper? Jajanan yag terbuat dari ketan ini biasanya berisikan abon atau cincangan daging ayam. Lemper biasa dibungkus dengan daun pisang. Ada dua cara pembuatan Lemper, yaitu dibakar atau dikukus. Jajanan ini bisa menolong kamu ketika kamu sedang dalam kondisi lapar. Kandungan ketan dalam lemper bisa membuat kamu menahan lapar dalam waktu yang cukup lama lho.

2. Putu Ayu
Kue Putu Ayu atau biasa dikenal pula dengan nama Kue Putri Ayu merupakan jajanan yang terbuat dari tepung yang kemudian dikukus dan disajikan dengan parutan kelapa. Umumnya Putu Ayu berwana hijau dan putih, meski kini banyak pula Putu Ayu dengan warna berbeda. Aroma pandannya yang khas pasti mampu menggugah selera kamu. Paduan rasa gurih dan manis menjadi satu dalam jajanan pasar yang satu ini.

3. Apem
Kue Apem merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras dan santan. Bentuknya mirip seperti mangkok kecil dan tipis. Selain di Indonesia, rupanya Apem juga populer di wilayah Asia Tenggara lainnya lho. Perlu kamu ketahui bahwa seriap daerah memiliki ciri khas Apem nya masing-masing. Hal ini menjadi keunikan salah satu kue tradisonal Indonesia ini.

4. Onde-onde
Onde-onde merupakan jajanan tradisional yang berbentuk bulat. Bagian dalamnya berisi campuran kacang hijau dan gula merah yang kemudian dilapisi dengan permukaan luar yang kenyal dan bertabur wijen. Onde-onde berasal dari Mojokerto yang kemudian juga menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut. Hal ini menyebabkan pula, Mojokerto sering dijuluki juga sebagai Kota Onde-Onde.

5. Kue Lumpur
Jajanan pasar yang satu ini, merupakan jajanan yang dapat kita jumpai di setiap kota di seluruh Indonesia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Kue Lumpur berasal dari Bandung, Jawa Barat. Namun, belum diketahui pasti dari mana kue ini berasal. Kue Lumpur memiliki tekstur yang lembut dan memiliki aroma vanila pandan yang khas. Ini tentunya dapat menjadi godaan yang cukup serius bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

6. Klepon
Klepon merupakan salah satu jajanan pasar yang berbentuk bulat didalamnya berisi gula merah. Adapun bagian luar Klepon memiliki tekstur yang kenyal dan ditaburi parutan kelapa. Jajanan berwarna hijau ini memiliki ciri khasnya sendiri, yakni ketika digigit akan langsung memuncratkan cairan gula yang berada didalamnya. Agar gula tidak muncrat, Klepon harus dimakan dalam sekali telan.

7. Combro
Combro merupakan makanan khas dari Tanah Sunda, Jawa Barat. Comro merupakan gabungan dari kata dalam bahasa sunda ‘oncom dijero’, yang berarti ‘oncom di dalam’. Combro memang tebuat dari oncom yang dibungkus dengan adonan yang terbuat dari parutan singkong yang kemudian digoreng. Rasa pedas dan gurih dapat temukan pada jajan tradisional yang satu ini.

Nah, selain itu, sebelum dan sesudah menikmati jajanan pasar, selalu siapkan pembersih tangan agar terhindar dari bakteri dan kuman!

baca juga : ciri-ciri jajanan yang tidak sehat

Email Print