Ujian-Ujian Yang Akan Kamu Temukan Saat Mengerjakan Skripsi

Untuk mendapatkan kelulusan kuliah, kamu harus melalui satu hal yang sangat penting dan dianggap momok, yaitu skripsi. Selain bentuknya lebih ribet daripada tugas paper biasa, skripsi biasanya memiliki berbagai halangan saat mengerjakannya. Sehingga kamu harus sabar dalam mengerjakannya dan juga tidak mudah menyerah.

Seperti apa sih ujian-ujian yang kamu hadapi saat mengerjakan skripsi? Yuk simak berbagai poin di bawah ini!

  1. Mencari topik skripsi yang unik

Mencari topik skripsi ini tidak mudah lho, Sahabat Antis. Bisa saja kamu bertemu dengan satu ide, eh ternyata sudah pernah dijadikan judul skripsi yang lain. Atau topik yang kamu dapatkan, ternyata sangat sulit untuk dikerjakan. Belum lagi ketika kamu bertemu dengan topik yang pas, eh ada teman yang sudah mengajukannya ke dosen. Akhirnya mau tidak mau, kamu harus mencari topik yang lain.

  1. Bosan menghadapi yang sama berbulan-bulan

Bayangkan ketika kamu harus menghadapi file yang sama berbulan-bulan. Bisa jadi kamu terkena rasa bosan yang melanda. Berjam-jam di depan laptop, eh kamu tidak kunjung juga mendapatkan inspirasi. Udah ke perpustakaan, nongkrong di kafe dan lain sebagainya, ternyata cuma jadi satu halaman ketikan. Kamu malah kemudian bisa browsing hal yang lain seperti drama korea dan lainnya.

  1. Tipe dosen pembimbing

Dosen pembimbing yang sibuknya minta ampun, bisa jadi ujian tersendiri buatmu. Susahnya mengatur jadwal bertemu dan bimbingan, membuat proses pengerjaan skripsimu menjadi lambat. Ada tipe dosen yang sudah ditunggu bimbingan berjam-jam, eh ternyata dibatalkan sepihak. Ada juga yang suka lupa apa saja yang dibahas di bimbingan terakhir, jadi kamu harus menjelaskan ulang bahkan mengganti sesuai apa yang dia minta.

  1. Laptop ngambek atau data bermasalah

Ini sih ujian yang paling bikin nyesek sih. Bayangkan jika kamu sudah mengerjakan berpuluh-puluh halaman, eh ternyata laptopnya rusak atau datanya bermasalah. Apalagi jika kamu tidak punya back up file, wah kamu bisa emosi mendadak sih. Atau sesimpel, kamu sedang mengerjakan beberapa halaman, tiba-tiba laptopmu harus restart dan hasil pekerjaanmu belum disimpan.

  1. Jatuh sakit

Sakit bisa jadi penghambatmu dalam mengerjakan skripsi. Misalnya saja, kamu terkena penyakit akibat kuman dan harus beristirahat di rumah, pasti semua aktivitasmu akan terganggu. Makanya, kamu sebaiknya juga menjaga kesehatan di saat mengerjakan skripsi, dengan setia menggunakan Antis Hand Sanitizer misalnya. Tips ini akan membantumu mengurangi risiko kuman masuk ke dalam tubuh.

Banyak juga ya ujian dalam mengerjakan skripsi. Meskipun banyak ujiannya, kamu harus tetap mengerjakannya dengan penuh semangat. Ingatlah, bahwa ketika kamu berhasil melewati skripsi ini, kamu akan membuat orang tua dan dirimu sendiri bangga. Semangat ya, Sahabat Antis!

Email Print