Virus Corona Masih Bertebaran, Jaga Selalu Kebersihan Tangan
menjaga kesehatan tangan, hand sanitizer, kebersihan tangan

Antisantikuman.com – Hingga saat ini virus corona masih mengancam kesehatan manusia diberbagai belahan dunia. Menurut sumber WHO hingga saat ini sebanyak 4.179.479 orang di dunia positif terjangkit virus covid-19 dengan 287.525 diantaranya meninggal dunia. Sampai saat ini vaksin atau obat dari penyakit ini belum ditemukan namun berbagai uji coba penemuan vaksin atau obat sedang dilakukan hingga saat ini.

Berbagai langkah dan upaya telah dilakukan untuk menekan penyebaran covid19 ini, seperti dibeberapa negara memberlakukan sistem lockdown sedangkan di Indonesia beberapa wilayah telah menerapkan aturan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar). Salah satu langkah yang sering dihimbau adalah jaga selalu kebersihan tangan, kenapa sih kita harus selalu menjaga kebersihan tangan? Ini alasasnya.

Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernafasan manusia, virus ini dapat menyebar ketika lender atau cairan yang mengandung virus masuk melalui hidung, mata atau tenggorokan. Salah satu bagian tubuh yang dapat menjadi pengantar virus masuk adalah tangan. Kenapa tangan? Karena tangan sangat mudah menyentuh benda-benda yang sering menjadi tempat berkumpulnya kuman atau virus.

Menjaga selalu kebersihan tangan tidak hanya menjaga kita dari penyakit virus covid-19 tapi juga menjaga kita dari penyakit yang lebih serius lainya, seperti meningitis, bronchiolitis, flu, hepatitis A,  hingga diare.

Kapan Harus Mencuci Tangan?

Mencuci tangan penting dilakukan disaat seperti ini:

  • Sebelum makan
  • Setelah membersihkan rumah
  • Setelah bersentuhan dengan orang lain
  • Setelah menggunakan kamar mandi
  • Sebelum dan setelah menjenguk teman atau saudara yang sakit
  • Setelah batuk, bersin dan mengeluarkan ingus

Cara Mencuci Tangan Yang Baik

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar, dengan cara yang benar kamu akan mendapatkan manfaat, berikut ini adalah 6 cara mencuci tangan yang baik

  1. Gosok Telapak Tangan
    Langkah pertama yang dilakukan adalah mengosok telapak tangan kamu, pastikan kamu membersihkan tangan kamu hingga berbusa.
  2. Gosok Punggung Tangan
    Setelah mengosok telapak tangan coba gosok kedua bagian punggung tangan.
  3. Gosok Sela Jari
    Setelah mengosok punggung tangan, kamu bisa gosok sela – sela jari kamu, dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kirinya
  4. Gosok Bagian dalam Jari
    Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.
  5. Bersihkan Ibu Jari
    Sehabis jari-jari tangan bersih saat mencuci tangan, selanjutnya bersihkan ibu jari. Gosok  secara perlahan ibu jari tangan kiri dengan memutar dalam genggaman tangan.
  6. Bersihkan Kuku
    Selain jari, kamu juga harus memperhatikan bagian kuku, lho! Bersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari hingga saling bertemu. Lalu, gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Setelah itu, lakukanlah pada tangan sebaliknya.

Jika sudah selesai, bilas kembali tangan di bawah  air mengalir hingga bersih. Lakukan selama 15-30 detik. Kemudian keringkan dengan  lap tangan yang terjamin kebersihannya atau hand dryer.

Mencuci tangan bisa dilakukan dengan air mengalir namun ketika kamu berada diluar dan jauh dari tempat cuci tangan, kamu bisa menggunakan hand sanitizer seperti Antis Anti Kuman, sehingga tanganmu terbebas dari kuman dan juga virus corona.

Email Print