Apa itu Virus Corona dan Bagaimana Cara Mencegahnya? Berikut Ini Penjelasannya
virus corona, mengenal virus corona, mencegah virus corona

Antisantikuman Dunia International akhir – akhir ini dihebohkan dengan kemunculan Virus 2019-nCoV, virus yang lebih dikenal dengan sebutan Virus Corona ini adalah jenis baru dari coronavirus yang dapat menular ke manusia dengan cepat. Virus Corona pertama kali muncul di kota Wuhan, Cina. Virus ini menyebabkan sistem pernapasan terganggu, selain itu dapat menimbulkan pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019-nCoV masih satu kelompok dengan virus MERS dan H5N1 atau flu burung yang menyerang sistem pernapasan. Terdapat beberapa kasus virus corona ringan yang penderitanya hanya merasa seperti terserang flu ringan, namun semakin lama virus ini juga dapat mengakibatkan infeksi pernapasan berat.

Pada awalnya virus corona hanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun saat ini virus semakin berkembang sehingga dapat menular dari manusia ke manusia yang lainya. Ada beberapa faktor nih yang bisa membuat seseorang terjangkit virus corona, diantaranya adalah:

  1. Terkena bersin atau batuk dari penderita virus corona secara tidak sengaja.
  2. Tidak mencuci tangan setelah menyentuh benda yang terkena air liur penderita virus corona.
  3. Melakukan kontak jarak dekat dengan penderita, seperti bersentuhan tangan.

Siapa Saja Sih Yang Dapat Terjangkit Virus Corona?

Sebenarnya virus ini dapat menjangkit kepada siapa saja, namun lebih beresiko menyerang orang tua, selain itu virus ini dapat menyerang dengan mudah kepada orang yang sedang sakit atau memiliki kekebalan tubuh yang lemah. Gejalanya mirip sekali dengan gejala flu seperti hidung yang meler, sakit kepala, nyeri tenggorakan dan batuk.

Namun, pada penderita corona yang sudah parah dapat mengakibatkan gejala demam tinggi, batuk yang berdahak hingga mengalami pneumonia atau infeksi saluran pernapasan akut.

Bagaimana Gejala Virus Corona?

Mungkin kamu bertanya – tanya bagaimana sih gejala virus corona? gejalanya itu hampir sama seperti gejala sakit biasa seperti batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, demam, hidung beringus dan tidak enak badan. Apabila kamu mengalami gejala diatas dan tidak lekas sembuh sebaiknya kamu periksa ke dokter, gejala diatas bisa dikatakan sebagai gejala ringan dari corona.

Namun, bisa bertambah parah bila penderita mengalami batuk dengan berlendir, panas tinggi, sesak napas dan merasa nyeri dibagian dada disertai dengan batuk, bahkan bisa bertambah parah bila penderita mengidap penyakit jantung, paru – paru dan lainya.

Ketika kamu mengalami beberapa gejala diatas dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya kamu pergi ke dokter, karena selain untuk mengetahui apa penyakit kamu, bisa juga mendeteksi dini apakah kamu terkena virus corona atau tidak.

Lalu Bagaimana Mengobati Virus Corona?

Bagi kamu yang terkena virus ini, bisa memulihkan kondisi diri dengan cara berikut:

  1. Minum obat dari dokter yang dapat mengurangi gejala-gejala dari virus ini.
  2. Istirahat yang cukup
  3. Perbanyak asupan cairan ke dalam tubuh.

Namun jika kamu terjangkit virus ini dalam kondisi serius, kamu dapat pergi kerumah sakit, untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, biasanya dokter akan melakukan tindakan – tidakan seperti isolasi, terapi dan pemberian obat seperti antibiotik.

Sebelum terjangkit virus corona, lebih baik cegah dengan cara berikut:

Sampai saat ini belum ada vaksin yang dapat mencegah virus corona, namun ada beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk terhindar dari virus yang berbahaya ini,  seperti kata  pepatah “mencegah lebih baik dari pada mengobati”, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kamu terhindar dari virus corona.

  1. Sering – seringlah mencuci tangan setelah kamu beraktivitas dengan hal yang terkait dengan debu atau kotoran, cuci tangan bisa dengan sabun atau pun dengan hand sanitizer seperti Antis Anti Kuman, dengan cara ini tangan kamu akan tetap bersih dan terbebas dari kuman atau virus.
  2. Hindari dulu nih bersentuhan dengan hewan liar dan unggas.
  3. Jangan menyentuh hidung, wajah atau mulut kamu dengan keadaan tangan yang sedang kotor.
  4. Tutup hidung dan mulut ketika bersin dengan tisu, lalu buang tisu ketempat sampah dan cuci tangan kamu.
  5. Gunakanlah masker jika kamu sedang sakit, dan langsung berobat ke klinik atau puskesmas untuk mendapatkan pengobatan secara dini.
Email Print