Wahai Para Pejuang Semester Akhir, Ini Caranya Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu
menyelesaikan skripsi tepat waktu

Antis Skripsi merupakan gerbang menuju kelulusan para mahasiswa semester akhir. Yups, di fase inilah mahasiswa mulai sangat sibuk, keluar banyak biaya, telat makan dan telat tidur. Maka dari itu, jangan sampai kamu mengulang lagi, pasti nggak mau dong perjuangan kamu menyelasaikan skripsi jadi sia – sia.

Biasanya, jangka waktu penyelesaian skripsi sekitar 2- 3 bulan mulai dari bimbingan hingga sidang. Terkadang ada saja godaan ditengah pengerjaan skripsi seperti pacar minta jalan, dapat project sampingan yang bayarannya lumayan mahal, dan lainnya.

Selain itu, terkadang tekanan ketika mengerjakan skripsi lumayan besar apalagi kalau kamu kuliah sambil kerja. Efeknya, mood kamu jadi tidak enak, sering marah – marah nggak jelas bahkan tidur pun tidak nyenyak.

Senarnya untuk menyelasaikan skripsi tepat waktu tidak terlalu sulit kok, coba deh kamu ikuti tips berikut ini :

Pilih Tema dan Judul yang Tepat

Tahap pertama, pilihlah judul dan tema skripsi yang sesuai dengan kemampuanmu. Selain itu, pilih yang unik agar skripsimu punya nilai lebih ketika sidang. Banyak mahasiswa yang akhirnya menggunakan joki untuk menyelesaikan skripsi karena tema yang mereka ambil di luar kemampuan mereka sendiri.

Sebenarnya sayang banget kalau skripsi harus pakai joki, selain harus mengeluarkan banyak biaya, terkadang ada juga joki yang abal-abal, uang sudah dibayar tapi skripsi malah nggak selesai.

Persiapkan Bahan Skripsi

Mulailah menyiapkan bahan untuk membuat skripsi. Sebaiknya kamu buat to do list bahan skripsinya apa saja. Jangan sampai kamu keteteran nantinya karena waktunya sudah terlalu mepet. Kamu bisa cari bahan dari internet dan juga dari alumni yang tema skripsinya sama dengan tema tema milikmu.

Menyusun Jadwal dan Buat Target Penyelesaian

Selanjutnya, buatlah jadwal kapan skripsi kamu akan dimulai dan tuliskan kapan target waktu selesainya. Misalkan, jadwal pengerjaan bab 1, target penyelesaiannya 3 hari (tulisakan tanggalnya), sehingga kamu bisa atur waktu untuk nongkrong dengan teman dan juga waktu untuk menyelesaikan skripsinya.

Kurangi Kegiatan Lainnya

Supaya pengerjaan skripsimu berjalan lancar, sebaiknya kamu kurangi dulu kegiatan lain seperti ekstra kurikuler kampus, kursus, dan lainnya. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan skripsi.

Ayoo para pejuang skripsi, walaupun sekarang ini masih pandemi semangat kamu jangan sampai luntur ya. Supaya tetap aman, selalu ikuti protokol kesehatan seperti cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Jangan lupa selalu bawa Antis Hand Sanitizer kemanapun kamu pergi.

Email Print