Waspada Coronavirus Saat Bepergian, Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati
virus corona

Antisantikuman Berita tentang kemunculan coronavirus atau virus corona memang membuat cemas. Jumlah penderita coronavirus yang terus meningkat, serta cepatnya virus ini menular ke berbagai negara, membuat WHO, badan kesehatan dunia dari PBB, menetapkannya sebagai darurat kesehatan global. Sejumlah negara pun mulai mengambil langkah antisipasi dengan mengeluarkan travel ban, atau larangan bepergian, dari dan menuju Tiongkok, Indonesia pun tak terkecuali.

Dampak virus yang mematikan ini sungguh dahsyat. Banyak orang yang memutuskan untuk tidak bepergian ke luar negeri untuk sementara waktu, menghindari bandara atau stasiun, tempat berkumpulnya banyak orang dari berbagai daerah, dan terus mengikuti perkembangan coronavirus untuk berjaga-jaga.

Sayangnya, tidak semua orang bisa benar-benar menahan diri untuk tidak bepergian, terutama jika tiket sudah dibeli dan memang perjalanan tersebut dilakukan untuk urusan pekerjaan. Jika sudah demikian, menjaga diri agar terhindar dari penularan coronavirus pun menjadi suatu kewajiban.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tidak tertular coronavirus meski harus bepergian ke luar negeri.

1. Selalu mengenakan masker

Mengenakan masker saat bepergian merupakan sesuatu yang harus dilakukan. Ada beberapa jenis masker yang bisa digunakan, mulai dari masker bedah biasa hingga masker N95 yang mampu menyaring partikel hingga ukuran 3-5 mikron. Namun, meski sudah memiliki masker, pastikan untuk mengenakannya dengan cara yang dianjurkan untuk meningkatkan efektivitasnya, ya!

2. Menutup mulut dengan siku saat bersin

Jika biasanya kita menggunakan telapak tangan untuk menutup mulut saat bersin atau batuk, mulai sekarang biasakan untuk menggunakan siku. Area telapak tangan kerap kita gunakan untuk menyentuh wajah, baik secara sadar maupun tidak. Sehingga kebersihannya patut dijaga dengan baik. Jangan sampai virus yang berpindah ke tangan saat bersin mendapatkan akses ke area wajah yang penuh dengan jaringan lunak. Oleh karena itu, menutup mulut dengan bagian siku saat bersin atau batuk merupakan tindakan pencegahan yang perlu dibiasakan.

3. Rajin mencuci tangan

Menjaga area tangan tetap bersih dan steril memang bukan perkara mudah. Karena kita kerap menggunakan kedua tangan kita untuk beraktivitas, kita tidak pernah tau sebersih apa tangan kita. Dengan demikian, rajin mencuci tangan dapat membantu kita menghindari berbagai virus maupun penyakit. Jika masih ragu, gunakan Antis yang memiliki daya bunuh kuman hingga 99% dalam 4 detik tanpa kandungan irigasan maupun triclosan yang memiliki banyak efek samping.

 Sedia selalu Antis ke mana pun Anda pergi. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Email Print