Waspada! Virus Corona Bisa Menular Melalui 3 Anggota Tubuh Ini
virus corona

Beberapa waktu belakangan ini seluruh mata dunia tertuju ke satu negara yaitu China, tepatnya di daerah Wuhan. Disinilah muncul virus yang mematikan bernama 2019-nCoV atau yang lebih dikenal dengan nama Virus Corona.

Penyebaran virus ini semakin menggila, tercatat ada beberapa negara yang diserang wabah corona yaitu di wilayah Asia Timur, Paris, Australia hingga Amerika. Hingga artikel ini ditulis, korban tewas akibat virus corona mencapai 1.110 orang.

Para pakar menduga, kalau virus ini berasal dari pasar di daerah Wuhan yang menjual hewan liar seperti kalelawar dan ular dalam jumlah besar. Dengan cepat virus ini menular ke seluruh pengunjung pasar dan terus menyebar hingga ke seluruh kota Wuhan. Serem banget ya!

Gejala penyakit ini sebenarnya mirip dengan flu dan pneumonia seperti batuk, dada terasa sesak, demam dan sulit bernafas. Nah, virus ini menjadi semakin ganas jika di dalam tubuh si penderita terdapat penyakit lain seperti hati, lambung, ginjal dan jantung.

Berdasarkan penelitian, virus corona ternyata masih satu kelompok dengan MERS dan SARS atau yang dulu dikenal dengan sebutan flu burung. Virus ini menyerang siapapun, baik anak-anak ataupun orang tua, pokoknya gak kenal umur deh!

Lewat mana virus corona masuk ke dalam tubuh ? FYI, ada beberapa bagian tubuh yang menjadi jalan masuknya si virus mengerikan ini yaitu :

Tangan

Setiap hari tangan kita pasti melakukan interaksi dengan berbagai jenis benda. Wajar saja, jika banyak kuman, bakteri dan juga virus yang melekat di tangan. Begitu juga dengan virus corona yang tanpa kamu sadari ternyata juga bisa menempel di tangan.

Bayangin deh, misalkan di tangan kamu ada virus corona terus kamu gunakan untuk makan, sudah pasti si virus itu bisa langsung masuk ke dalam tubuhmu.

Mulut

Menurut Feng Luzhao, peniliti penyakit menular dari CDC China menyebutkan bahwa virus corona ini bisa menular melalui droplet dari mulut ke mulut (air liur). Itulah mengapa untuk mencegah penularan setiap orang diharus menggunakan masker karena virus dapat menyebar ketika bersin ataupun batuk.

Mata

Ada satu kejadian yang membuktikan kalau virus ini bisa menyebar lewat mata. Dilansir dari South China Morning Post, ada seorang pakar pernapasan dari Peking University First Hospital bernama Wang Guafa

Suatu saat ia mengunjungi bangsal isolasi penderita corona di klinik dan rumah sakit. Setelah masa inkubasi kurang lebih 2-14 hari, Wang Guafa merasa ada yang janggal pada mata kirinya karena terlihat kemerahan seperti ada peradangan selaput mata atau konjungtivitis.

Tidak lama setelah matanya terasa sakit ia pun mengalami demam. Wang Guafa mengira hanya flu biasa, tapi akhirnya ia memutuskan untuk melakukan pemeriksaan dan ternyata ia positif kena infeksi corona.

Cara Mencegah Corona

Setelah mengetahui beberapa bagian tubuh yang berpotensi menjadi jalan masuknya virus corona, kamu juga harus tahu cara mencegahnya karena seperti kata pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

  • Biasakan untuk mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, tapi jika sedang di tempat yang tidak ada airnya maka kamu bisa menggunakan hand sanitizer Antis yang terbukti ampuh membunuh kuman dan bakteri.
  • Menggunakan masker dan kacamata yang tertutup rapat ketika kamu travelling atau berkunjung ke tempat yang terdampak virus corona.
  • Jika gejalanya sudah kamu rasakan, segera lakukan pemeriksaan dan jangan ditunda-tunda

Hingga saat ini masih terus dilakukan berbagai penelitian untuk menciptakan vaksin yang dapat membasmi virus ini. Semoga saja vaksinnya cepat ditemukan, ya!

Email Print