Work From Home Bukan Berarti Liburan Lho
work from home

Antisantikuman Adanya pandemi virus Covid-19 yang kian menggemparkan dunia, pemerintah Indonesia akhirnya mengeluarkan himbauan bekerja dari rumah atau lebih popular dengan istilah Work From Home (WFH). Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan dan kesehatan semua masyarakat dalam situasi darurat penularan virus corona.

Bekerja di rumah tentu sangat menyenangkan, karena tidak perlu jauh-jauh pergi ke kantor. Sayangnya, banyak pihak yang memanfaatkan kesempatan WFH untuk liburan. Alasannya karena malas dan bosan bekerja di rumah. Ada pula yang semangat kerjanya menurun sejak semua tugas pekerjaan dikerjakan di rumah. Lantas, bagaimana cara untuk meningkatkan produktivitas selama bekerja di rumah?

Tips Tetap Produktif saat Work From Home

 Work From Home (WFH) memang memberikan tantangan tersendiri bagi para karyawan. Awalnya, banyak yang senang dengan kebijakan ini. Namun, setelah dijalani ternyata WFH bisa sangat membosankan, sehingga produktivitas kerja menurun. Apakah Kamu juga mengalaminya? Tenang saja, ikuti tips berikut agar lebih produktif saat WFH:

  1. Tetapkan mindset bahwa WFH bukan liburan

WFH hanya berbeda soal tempat bekerja saja. Ingat bahwa WFH bukan berarti tidak bekerja, karena akan tetap ada sejumlah pekerjaan yang harus diselesaikan dari rumah. Jadi, jangan memiliki mindset bahwa WFH adalah waktu untuk liburan, apalagi digunakan untuk mudik ke kampung halaman. Jadi, pastikan untuk mengerjakan semua tugas kantor dengan maksimal selama berada di rumah.

  1. Bangkitkan mood kerja saat WFH

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti Kamu bisa bangun siang seenaknya. Bangun siang saat WFH hanya akan menghancurkan mood kerja pada hari itu. Rasanya jadi semakin malas untuk mengerjakan semua tugas-tugas kantor. Untuk itu, sebaiknya bangun dan mandi pagi layaknya akan pergi bekerja seperti biasanya.

Untuk membangkitkan mood, Kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas di pagi hari bersama keluarga. Misalnya mengajak anak olahraga santai, sarapan bersama, atau hal-hal lainnya yang sekiranya bisa membuat badan lebih bersemangat melakukan kegiatan WFH. Cara ini terbukti ampuh untuk mengusir rasa malas saat melaksanakan WFH.

Baca Juga : 5 Benda di kantor yang sering menjadi sarang kuman

  1. Jaga komunikasi dengan rekan kerja

Menjaga komunikasi sangat penting selama menjalankan WFH. Hal ini karena setiap rekan kerja tidak bisa langsung bertemu di kantor seperti biasanya. Untuk itulah, Kamu harus tetap menjalin komunikasi agar semua pekerjaan bisa dijalankan dengan lebih efektif dan maksimal.

Tanpa komunikasi yang lancar, maka tugas kantor bisa jadi berantakan karena adanya kesalahan atau miss communication dalam tim kerja. Banyak sekali media komunikasi yang bisa dimanfaatkan. Baik lewat email, video call, whatsapp, telepon, atau aplikasi lainnya yang disepakati oleh kantor untuk menunjang komunikasi para karyawannya.

  1. Kelola waktu dengan baik

Pegawai yang sukses menjalankan WFH bisa dilihat dari bagaimana dia mengelola waktu dengan baik dalam menjaga produktivitasnya. Buatlah To Do List atau jadwal kerja harian layaknya saat bekerja di kantor.

Jangan lupa masukkan pula jadwal atau waktu untuk beristirahat. Meskipun harus memaksimalkan kemampuan dan meningkatkan produktivitas selama WFH, namun istirahat juga sangat penting. Dengan memiliki jadwal rencana kerja yang tersusun rapi, maka akan memudahkan Anda untuk mengerjakan tugas-tugas kantor setiap harinya.

  1. Minimalisir berbagai gangguan saat WFH

Bekerja di rumah tentu banyak sekali godaan atau gangguannya. Misalnya, gangguan dari smartphone, televisi, hingga anggota keluarga. Saat ada keluarga yang mengajak bicara atau mengobrol santai saat bekerja, tentu bisa membuat Anda kehilangan konsentrasi. Oleh karena itu, beri pengertian pada keluarga bahwa Anda ingin memaksimalkan waktu bekerja. Barulah saat jam kerja selesai, bisa kembali bercengkrama dengan keluarga.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja dari rumah. Sebenarnya, banyak sekali cara yang dapat dilakukan agar mood bekerja di rumah selalu terjaga. Membuat meja kerja yang nyaman di rumah juga bisa meningkatkan mood dalam bekerja. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk pergi jalan-jalan atau liburan saat Work From Home.

Jangan lupa selalu sediakan Antis Hand Sanitizer di rumah untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tangan sehingga tangan Anda tetap bersih selama melakukan Work From Home.

Email Print