Wuhan China, Kota Kelahiran Virus Corona

Awal tahun 2020 sampai sekarang ini, dunia dihebohkan dengan munculnya virus corona dari China yang menular ke beberapa negara. Virus corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan kekebalan tubuh, virus ini berasal dari salah satu pasar di kota Wuhan yang menjual hewan liar.

Virus ini awalnya hanya menular ke hewan seperti kelelawar, namun sekarang menular ke manusia. Hal tersebut mengakibatkan penderita virus corona semakin meningkat hingga sekarang ini, terutama di kota asal tersebut, Wuhan. Saat ini kota tersebut sedang diisolasi oleh pemerintah China.

Namun, kamu penasaran gak sih bagaimana kota Wuhan ini sebelum terjadinya virus corona? Berikut fakta tentang kota Wuhan China, Kota Kelahiran Virus Corona.

Kota Paling Padat di Asia Tengah

Wuhan China adalah ibu kota Provinsi Hubei yang terletak di Tiongkok Tengah. Pada tahun 2015 lalu, Kota Wuhan merupakan kota terpadat penduduknya di Tiongkok Tengah dengan total populasi hingga 10,60 juta penduduk.

Jumlah penduduk yang banyak tersebut, tersebar ke tiga kota yang termasuk wilayah Wuhan China yaitu Hankou, Hanyang, Wuchang. Ketiga kota ini dikenal dengan nama Tiga Kota Wuhan, Ketiga Kota Wuhan ini terbagi di antara dua sungai besar di Wuhan yaitu Sungai Yangtze dan Sungai Han.

Memiliki Iklim Muson Subtropis yang Lembab

Menurut Top Cinta Travel, Kota Wuhan China memiliki iklim musin subtropis yang lembab. Salah satu Kota Terbesar di China ini memiliki iklim yang lembab dengan empat musim yang berbeda. Rata – rata suhu Wuhan sepanjang tahun yaitu 15 derajat sampai 17 derajat Celcius. Sedangkan cuaca terpanas di Kota ini terjadi pada bulan Juli dengan rata – rata suhu sekitar 28 derajat Celcius. Cuaca terdingin Wuhan terjadi pada bulan Januari dengan rata – rata suhu 3 derajat Celcius.

Termasuk Kota Bisnis Paling Maju di Asia

Alasan utama virus corona bisa menyebar ke negara lain karena Wuhan merupakan pusat bisnis di Tiongkok Tengah dan merupakan salah satu kota bisnis paling maju di Asia loh. Banyak orang melakukan perjalanan ke Wuhan untuk berbisnis, sehingga saat kembali ke negaranya dan terkena virus ini, akan menularkannya ke orang terdekatnya.

Di Wuhan, terdapat empat taman pengembangan teknologi, tiga zona pengembangan nasional, 1656 perusahaan berteknologi, dan investasi dari 230 perusahaan Fortune Global 500. Industri utama di Wuhan yaitu manufaktur modern dan industry berteknologi tinggi seperti Teknik biologi, farmasi hingga teknologi elektronik.

Di kota Wuhan juga terdapat Wuhan Dongfeng Motor Corporation yang merupakan produsen mobil terbesar ketiga di China. Bahkan perusahaan ini bekerja sama dengan produsen mobil lainnya seperti Honda, Nissan hingga Peugeot Citroen, produsen mobil asal Prancis.

Sudah Lama Menjadi Pusat Transportasi dan Perdagangan di Tiongkok Tengah

Selain menjadi pusat bisnis, Kota Wuhan juga merupakan pusat transportasi dan perdagangan di China sejak ratusan tahun loh. Kota Wuhan adalah titik pertemuan dari rute maritim, sungai, kereta api dan transportasi lainnya.

Itulah fakta mengenai Kota Wuhan yang menjadi Kota Kelahiran Virus Corona ini. Sebelum terjadi wabah virus ini, Kota Wuhan adalah salah satu kota yang banyak dikunjungi di Tiongkok. Semoga wabah virus mematikan ini segera berakhir. Selalu bawa Antis Hand Sanitizer ke mana pun supaya kamu terjaga dari berbagai kuman dan virus.

Email Print