Yuk Bangun Networking Sedari Kuliah!

Kuliah memang menjadi salah satu batu pijakan menuju dunia kerja. Tak cuma dari segi mata kuliah yang fokus pada bidang pekerjaan, namun berbagai aspek bisa membantu mempersiapkanmu ke jenjang yang lebih tinggi. Salah satu contoh aspeknya adalah networking. Istilah ini tak hanya berarti mempunyai teman yang banyak. Networking di sini lebih ke arah mempunyai relasi yang potensial di bidang profesional ke depannya.

Networking di bangku kuliah bisa membantumu untuk menemukan karir yang tepat setelah lulus. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

  1. Memulai hubungan baik dengan alumnus

Di saat kamu masih menyandang status mahasiswa, kamu pasti punya jalur ke alumnus. Kamu bisa memulai berkenalan dengan mereka dan mencari tahu mengenai dunia kerja. Alumnus pasti akan senang membantu juniornya menemukan karir yang tepat. Bahkan mereka mungkin akan memberikan tawaran pekerjaan padamu.

  1. Membangun relasi dengan orang tua teman

Orang tua teman rata-rata berada pada usia yang sudah memiliki posisi dalam pekerjaan. Mereka umumnya akan memberikan saran yang berharga hingga membantumu menentukan jalan karir. Mereka juga akan bercerita tentang manis pahitnya perjalanan bekerja mereka, sehingga ada pelajaran yang bisa diambil dari situ.

  1. Aktif di organisasi

Kuliah pulang kuliah pulang adalah zona nyaman bagi mahasiswa. Kamu perlu mengisi waktumu dengan lebih berharga seperti mengikuti organisasi, seminar hingga pelatihan sesuai bidang yang kamu minati. Bahkan banyak juga seminar berbayar yang bisa dibantu oleh kampus, terutama di bagian biaya pendaftaran.

  1. Memulai mengaktifkan media LinkedIn

Jangan hanya mengupdate selfie di Instagram. Kamu juga perlu untuk pelan-pelan mempunyai koneksi di LinkedIn. Platform ini adalah platform yang penting untuk kamu yang akan memasuki dunia kerja. Tawaran pekerjaan hingga sharing tentang dunia kerja, semua bisa kamu temukan di sana.

  1. Magang

Sebenarnya di saat mata kuliah yang kamu ambil sedikit, kamu bisa mengisi sebagian waktu dengan mengambil magang. Kemampuanmu pastinya terasah dan kamu akan langsung bertemu dengan para pakar di bidang pekerjaan yang kamu minati.

Banyak kan caranya untuk mebangun networking semenjak kuliah? Coba deh kamu lakukan dua hingga tiga tips di atas, karirmu akan lebih lancar ke depannya. Dengan tips ini, pasti kegiatanmu akan semakin bertambah banyak, maka kamu perlu menjaga kesehatan terutama dari kuman yang bisa masuk ke dalam tubuh. Antis Lucky Charm akan membantu melindungi kesehatanmu dari kuman. Gunakan terus Antis-mu ya!

Email Print