Yuk Kenali Minuman Tradisional Khas Indonesia!

Jika selama ini kamu mengenal makanan tradisional khas Indonesia, nah ini waktunya kamu mengenal minuman tradisional khas Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, kamu bisa menjumpai banyak sekali minuman tradisional. Yuk kenalan dengan minuman tradisional ini!

  1. Cendol

Siapa yang menolak segarnya es cendol? Minuman dingin ini terbuat dari campuran tepung hunkwe, pewarna daun suji atau pasta pandan yang dibentuk memanjang. Kuahnya dibuat dari serutan es, air gula merah dan santan. Es cendol ini memang cocok dikonsumsi saat panas terik siang. Saat ini masih banyak pedagang kaki lima yang masih berjualan es cendol.

  1. Es Pisang Hijau

Kalau yang satu ini adalah kuliner khas Makasar. Disebut es pisang hijau karena warna pisang ini hijau (dibalut oleh kulit yang berwarna hijau yang terbuat dari tepung beras, santan, tepung kanji dan air daun suji). Isiannya terbuat dari bubur sumsum, Mutiara sagu, dan kacang tanah yang disangrai. Kuahnya menggunakan sirup merah, es krim, es serut dan susu kental manis. Tak cuma di Makasar, kamu bisa menjumpai es pisang hijau ini di mana saja sekarang.

  1. Es Legen

Es Legen ini bisa kamu dapatkan di Jawa Tengah atau Jawa Timur. Minuman ini terbuat dari sari buah pohon Lontar. Rasa dari buah ini sebenarnya mirip dengan kolang kaling, sedangkan rasa air legennya seperti air kelapa. Namun, saat ini memang agak sulit mendapatkan minuman tradisional ini karena daerah yang menghasilkan legen ini cukup terbatas.

  1. Es Nona

Istilah Nona ini sendiri memang identik dengan seorang wanita muda. Nah, Es Nona ini berasal dari Pontianak. Di dalam Es Nona ini terdapat kacang merah, potongan pepaya, pacar cina, tape singkong dan roti tawar, dengan serutan es dan susu kental manis. Segarnya Es Nona ini memang tidak ada yang mengalahkan.

  1. Es Selendang Mayang

Tentu saja kamu yang di Jakarta tahu tentang minuman tradisional ini. Es Selendang Mayang ini adalah salah satu minuman tradisional khas Betawi. Minuman ini terbuat dari irisan tepung beras yang dicampur air, dibentuk kotak-kotak, dikukus dengan kuah dari gula merah, garam, gula pasir, santan dan daun pandan.

Dari lima jenis minuman tradisional yang dijelaskan di atas, kamu sudah pernah mencoba berapa jenis? Kalau belum semua, maka ini jadi tantangan untuk kamu mencoba semuanya. Satu lagi, ketika kamu mencoba minuman tradisional, umumnya warung/tempat penjualnya kurang memperhatikan kebersihan. Kamu bisa menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan Antis Hand Sanitizer supaya kuman tidak masuk ke tubuh melalui tangan.

Yuk lestarikan minuman tradisional ini dengan mengenal dan mengonsumsinya!

Email Print