Buat Kamu Pencari Kerja, Ini Tips Jitu Lolos Interview

Banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan terbaik namun gagal saat sesi interview atau wawancara. Apa kamu pernah merasakan juga? Interview adalah salah satu syarat penting untuk diterima di suatu perusahaan, dengan menjawab semua pertanyaan yang diberikan, perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai karyawannya.

Buat kamu yang sedang melamar kerja dan sudah dipanggil untuk melakukan interview, jangan gugup! Berikut tips jitu untuk lolos interview

Persiapkan Diri

Membuat daftar pertanyaan yang biasa diberikan saat interview bisa membantu kamu untuk menyiapkan jawaban yang tepat. Kamu bisa menanyakan ke teman yang sering interview atau bisa 2mencarinya di internet. Jika pertanyaan yang sudah kamu siapkan muncul saat interview, pasti kamu akan menjawabnya tanpa gugup.

Perlihatkan Poin Lebih

Yang kedua adalah kamu harus menyiapkan poin lebih tentang diri mu. Mengapa? Karena dengan menunjukkan kelebihan akan menjadi pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima mu. Dengan begitu peluang mu masuk ke perusahaan idaman akan semakin terbuka.

Manfaatkan Waktu Semaksimal Mungkin

Pegawai HRD yang mewawancara mu pasti memiliki waktu terbatas. Oleh karena itu, hindari memberi jawaban yang bertele – tele sehingga membuat sesi interview mu menjadi lama. Riset menunjukkan bahwa pewawancara bisa memutuskan kamu diterima atau tidaknya hanya dalam 5 menit. Maka dari itu, kembali ke poin pertama, siapkan diri mu baik – baik supaya bisa menjawab pertanyaan dengan tepat.

Bawa CV Setiap ke Wawancara Kerja

Membawa CV saat kamu melakukan interview bisa membantu pewawancara mendapatkan pengalaman studi dan bekerja mu. Dengan membawa CV, kamu juga menjadi lebih percaya diri karena terdapat poin lebih dalam CV tersebut sehingga kamu bisa menjawab pertanyaan dengan tepat.

Kenali Perusahaan Tempat Melamar

Mencari seluk beluk perusahaan tempat kamu melamar sangat penting karena perusahaan membutuhkan calon pekerja yang telah memahami perusahaan tersebut. Terkadang juga pewawancara akan menanyai tentang perusahaan yang kamu lamar.

Berpikir positif

Sebelum interview, kamu harus selalu berpikiran positif karena terkadang pewawancara akan sengaja memberi pertanyaan tentang hal negatif di lingkungan kerja mu sebelumnya. Ditambah jangan ada beban pikiran yang menganggu mu sehingga kamu akan menjawab pertanyaan dengan tidak tepat.

Gerak-gerik dan Bahasa Tubuh yang Sesuai

Saat interview, semuanya akan dinilai mulai dari pakaian yang kamu gunakan, cara mu berjabat tangan dan melakukan kontak mata. Jika kamu gugup pasti gerak gerik mu akan terlihat sehingga tidak meyakinkan perusahaan untuk menerima mu. Fokus untuk menjaga gerak gerik mu serta jangan teralihkan dengan hal lain.

Tetap Optimis

Kamu harus selalu optimis dalam mencari pekerjaan. Terus biasakan diri dengan segala interview supaya kamu terbiasa terhadap pertanyaan yang menjebak. Satu hal yang harus kamu ingat, jangan jadikan interview sebagai ajang kompetisi, tapi jadikan sebagai ajang perkenalan diri dan menunjukkan nilai lebih apa yang kamu miliki, sehingga bisa saja suatu saat perusahaan tersebut akan memanggilmu lagi.

Terus Berusaha

Yang terakhir adalah jika kamu gagal dalam interview, jangan lah berkecil hati. Tetap berusaha dan jangan menyerah, intropeksi diri mu dan ambil pelajaran dari interview yang telah kamu lakukan sebelumnya. Mencari pekerjaan sama halnya dengan mencari jodoh, antara kamu dan perusahaan harus saling cocok.

Itulah tips jitu lolos interview. Tetap semangat dan berpikir positif sehingga kamu bisa menjawab segala pertanyaan dengan benar. Jangan lupa untuk selalu membawa Antis Hand Sanitizer untuk menjaga tangan mu tetap bersih jika melakukan interview di suatu perusahaan, karena sekarang ini masih dalam kondisi pandemi covid-19. Semoga diterima di perusahaan idaman mu ya!

Email Print