Buat Kamu yang Skripsinya Sering Ditolak, Baca Tips Ini !

Menyelesaikan skripsi dan lulus tepat waktu adalah impian semua mahasiswa semester akhir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tapi untuk menyelesaikan skripsi tidak semudah membalik telapak tangan, banyak proses yang harus kamu lalui seperti membuat judul. Judul skripsi sering kali ditolak oleh dosen, jika awalnya saja sudah ditolak bagaimana mau lulus tepat waktu nih.

Mulai sekarang jangan khawatir, berikut tips buat kamu yang skripsinya sering ditolak:

Cari isu yang sedang ramai

Dosen menyukai mahasiswa yang kritis dan peka terhadap fenomena yang sedang terjadi. Karena menandakan mahasiswa tersebut update dengan isu yang sedang beredar. Maka dari itu, kamu bisa mencoba cari topik atau isu yang sedang ramai dibahas, dan diskusikan dengan dosen pembimbing mu.

Cari topik yang menarik untuk diteliti

Tips kedua supaya skripsi mu tidak ditolak adalah cari topik atau permasalahan yang menarik untuk diteliti. Kamu bisa berkonsultasi pada dosen pembimbing supaya kamu dapat pencerahan maksud dari permasalahan yang akan kamu angkat jadi skripsi.

Objek dan subjek penelitian yang jelas

Banyak mahasiswa semester akhir yang mengajukan skripsi namun terhalang objek dan subjek penelitian yang tidak bisa mereka jelaskan atau dimintai informasi. Maka dari itu, cari objek dan subjek penelitian yang sekiranya mudah kamu dapatkan informasinya seperti isu yang umum terjadi di masyarakat.

Jika kamu ingin mengambil objek dan subjek penelitian dari sebuah perusahaan, usahakan kamu memiliki kenalan atau istilahnya orang dalam supaya mudah mendapatkan informasi dan juga tidak memakan banyak waktu

Skripsi dengan jenis penelitian kuantitatif

Jenis penelitian kuantitatif memang cukup diminati oleh para mahasiswa semester akhir sebagai skripsi mereka. Penelitian yang cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu untuk keluar rumah untuk wawancara.

Penelitian ini cenderung bisa membuat kamu menemukan fakta baru di setiap hasil penelitiannya, tapi itu juga tergantung objek yang kamu teliti.

Ambil dari masalah bukan dari judul

Jika kamu mengambil skripsi dari sebuah masalah, kamu bisa konsultasikan dengan dosen pembimbing supaya kamu dapat arahan dalam menemukan judul yang tepat untuk skripsi mu. Namun jika kamu mengangkat skripsi dari judul maka dosen pembimbing mu akan bingung dan selalu bertanya dari mana judul yang kamu angkat ini, permasalahannya apa, dan sebagainya.

Maka dari itu, angkat skripsi mu dari suatu masalah, jangan asal membuat judul saja namun berbeda isinya dengan masalah yang kamu angkat. Selain itu berkonsultasi dengan dosen pembimbing mu juga bisa membuat mu akrab dengannya.

Itulah tips buat kamu yang skripsinya sering ditolak. Selalu cari pembahasan yang menarik dan juga jelas permasalahannya, jika bingung jangan segan berkonsultasi dengan dosen pembimbing mu. Karena kondisi sekarang ini masih pandemi virus corona, jika ingin keluar rumah untuk bertemu dosen sebaiknya bawa Antis Hand Sanitizer supaya tangan mu tetap bersih selama di luar rumah. Jangan patah semangat ya, dan semoga skripsi mu tidak ditolak lagi.

Email Print