Cara Mencuci Tangan yang Benar, Kamu Harus Tahu!
cuci tangan

Antisantikuman Jutaan orang tidak menyadari bahwa tangan merupakan jalan masuk kuman dan bakteri yang paling cepat. Kenapa begitu ? karena setiap hari tangan pasti bersentuhan dengan berbagai macam benda seperti smartphone, troli belanjaan, gagang pintu, stang motor dan lainnya.

Apalagi kalau tangannya kotor sudah pasti banyak kuman yang menumpuk sehingga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, mulai dari yang ringan sampai yang kronis. Ngeri banget kan?

Maka dari itu kebersihan tangan harus selalu dijaga dengan cara rajin mencuci tangan. Tapi, cuci tangannya juga harus benar tidak boleh asal-asalan, jangan cuma diusap-usap terus disiram.

Kamu pasti tahu WHO dong, itu loh badan kesehatan dunia dibawah naungan PBB. Nah, ternyata WHO sudah punya panduan cara mencuci tangan yang benar dan terbukti ampuh membunuh kuman di tangan. Kali ini, antis bakal share informasinya buat kamu.

Langkah Mencuci Tangan yang Benar Menurut WHO

cuci tangan

Mungkin kamu termasuk orang yang rajin mencuci tangan dan tanpa disadari ternyata cara cuci tangamu itu masih salah, lalu bagaimana cara yang benar ?

  • Nyalakan air terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan penyaring air untuk keran jika airnya keruh.
  • Kemudian basuh seluruh bagian telapak dan punggung tangan sambil digosok pelan-pelan
  • Matikan keran dan tuangkan sabun ke tangan
  • Gosok dengan seidkit ditekan seluruh bagian tangan dan sela-sela jari
  • Lakukan selama 20 detik, kamu bisa sambil nyanyi, ngobrol, ngaca bahkan ngevlog.
  • Lalu nyalakan kembali kerannya dan bilas seluruh bagian tangan sampai bersih

Ternyata cara mencuci tangan yang baik dan benar itu mudah banget ya. Jangan kan kamu yang sudah dewasa, anak-anak juga pasti bisa kok.

Bahaya yang Menyerang Jika Tidak Mencuci Tangan

Tangan merupakan anggota tubuh yang paling sering berinteraksi dengan berbagai macam benda sehingga menjadi media hinggapnya kuman, bakteri dan virus. Apalagi ketika kamu makan tanpa cuci tangan, maka kuman yang menempel bisa ikut masuk ke dalam tubuh.

Rajin cuci tangan merupakan cara paling ampuh untuk mencegah masuknya kuman, bakteri dan juga virus masuk ke dalam tubuh. Penelitian mengungkapkan dengan rutin mencuci tangan dapat mencegah seseorang terkena diare sebesar 31%  dan juga bisa mengurangi intensitas seseorang terkena serangan virus seperti pilek, flu dan juga virus corona.

Beberapa bahaya yang dapat menyerang kamu jika jarang mencuci tangan yaitu :

Biasanya tangan sering melakukan gerakan reflek seperti memegang hidung, mata dan juga mulut sehingga kuman, bakteri dan juga virus yang menempel di tangan bisa masuk melalui ketiga area tersebut.

Tangan yang penuh kuman kemudian memegang makanan atau minuman maka kuman tersebut bisa pindah ke makanan dan minuman yang akan disajikan, bahkan dalam beberapa kasus kuman juga dapat berkembang biak di dalam makanan.

Selain ke makanan, kuman dan bakteri serta virus yang menempel di tangan juga dapat berpindah ke berbagai benda yang kamu pegang, sehingga dapat berpindah ke orang lain yang ikut memegang benda yang sama.

Apa Manfaat Cuci Tangan?

Banyak orang yang masih menyepelekan cuci tangan karena dianggap membuang waktu. Padahal, cuci tangan itu ada banyak sekali manfaatnya lho, seperti :

  • Mencegah serangan virus
  • Membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tangan
  • Terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diare, tipus, demam, dan lainnya
  • Mengurangi resiko terserang penyakit kulit dan cacingan
  • Membersihkan sisa makanan dan minuman yang menempel pada tangan

Masih banyak lagi manfaat lainnya yang belum disebutkan. Pokonya dijamin kamu gak akan rugi dan gak akan nyesel kalau rajin mencuci tangan.

Kapan Waktu Cuci Tangan yang Tepat?

Berikut ini beberapa waktu dimana kamu harus, wajib atau kudu mencuci tangan sebelum melakukan berbagai macam aktivitas, diantaranya :

  • Sebelum dan sesudah makan
  • Setelah batuk dan bersin
  • Setelah membuang sampah
  • Setelah memandikan hewan
  • Setelah membersihkan rumah
  • Sebelum dan sesudah masuk ke dalam ruangan di rumah sakit
  • Sebelum dan sesudah mengobati luka
  • Sebelum tidur dan sesudah bangun tidur
  • Setelah buang air
  • Setelah memegang barang-barang di tempat umum
  • Setelah menyentuh benda kotor dan berkarat

Apakah Harus Menggunakan Sabun Khusus untuk Cuci Tangan?

Semua sabun yang mengandung anti bakteri dan anti kuman sangat bagus untuk mencuci tangan. Hingga saat ini belum ada penelitian yang mengungkapkan untuk cuci tangan harus menggunakan sabun khusus dengan bahan tertentu.

Selama sabun tersebut memenuhi standart kesehatan dan memiliki kandungan yang dapat membunuh kuman, bakteri dan virus maka sabun tersebut sudah bisa dipakai untuk cuci tangan.

Menur Seorang dokter ahli penyakit infeksi bernama Dr.Carl Fichtenbaum menjelaskan belum ada pembuktian atau penelitian lebih lanjut bahwa sabun anti bakteri  mampu membunuh virus dibandingkan sabun lainnya.

Menurutnya yang berpengaruh terhadap kebersihan tangan ketika dicuci bukan lah sabunnya tapi cara mencuci tangannya. Pastikan mencuci tangan selama 20 detik dengan cara yang benar sehingga dapat membunuh kuman, bakteri dan virus yang menempel di tangan dan sela-sela jari.

Bagaimana Jika Tidak Ada Sabun dan Air?

Nah, terus bagaimana jika kondisinya kamu sedang berada di angkutan umum, mobil, dan tempat lainnya yang tidak ada air dan sabun ?

Tidak perlu khawatir, kamu bisa menggunakan hand sanitizer atau gel pembersih tangan Antis anti kuman dengan varian aroma yang menyegarkan seperti jeruk nipis, timun dan jasmine tea.

Selain itu, Antis juga tidak lengket di tangan, mudah dibawa dan yang terpenting harganya terjangkau lho. Kamu wajib punya Antis gel pembersih tangan.

Email Print