Makanan Super Pedas yang Bikin Ketagihan
makanan super pedas

Antis Entah apa sebabnya, makanan super pedas selalu saja bikin ketagihan. Untungnya, Indonesia menjadi surga bagi para pecinta kuliner dengan rasa pedas yang membara. Ya, berbagai daerah di Indonesia memang memiliki makanan khas dengan rasa pedas yang menggoda selera. Kaya akan rempah-rempah seperti cabai dan merica, mungkin menjadi salah satu alasan mengapa rasa pedas seolah menjadi favorit bagi lidah orang Indonesia.

Ini Dia, 5 Makanan Super Pedas Khas Indonesia yang Siap Bikin Ketagihan

Sebenarnya, banyak sekali masakan super pedas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Setiap masakan memiliki ciri khas tersendiri yang membuat rasanya sulit dilupakan dan bikin ketagihan. Nah, berikut ini adalah daftar 5 makanan super pedas yang siap bikin Kamu ketagihan:

  1. Seblak – Jawa Barat

Siapa yang tidak kenal dengan seblak? Di samping memiliki rasa yang gurih, makanan khas Bandung ini juga punya rasa pedas yang menggelora. Seblak sendiri merupakan makanan berkuah yang dibuat dari kerupuk basah serta tambahan sayuran.

Biasanya, seblak juga disajikan bersama dengan ayam, sosis, telur, bakso, hingga aneka jenis makaroni. Wah, sudah terbayang bagaimana kelezatannya bukan? Bagi Kamu pecinta makanan pedas, dijamin ketagihan setelah mencoba seblak yang punya rasa pedas dan gurih ini.

  1. Mie Aceh – Sumatera Utara

Seperti namanya, makanan dengan bahan utama berupa mie ini berasal dari wilayah Aceh. Ciri khas dari mie Aceh adalah memiliki bentuk yang telah dan besar. Mie disajikan bersama dengan kuah kari yang tentunya akan membuat masakan menjadi semakin gurih.

Biasanya, mie Aceh juga disajikan bersama dengan daging kambing maupun daging sapi. Tidak jarang pula ada yang menggunakan seafood sebagai campurannya, seperti kepiting dan cumi. Mie dengan kuah pedas ini juga wajib Kamu coba karena rasanya dijamin super lezat.

  1. Ceker Setan – Jawa Timur

Sesuai namanya, masakan khas Jawa Timur ini dibuat dari ceker atau kaki ayam. Dinamakan ceker setan karena tampilannya yang merah membara seperti api. Warna merah tersebut tentu berasal dari cabai sebagai bumbu utamanya.

Sudah terbayang betapa pedasnya rasa ceker setan ini bukan? Siapa saja yang melihatnya, pasti tidak akan tahan untuk mencicipinya. Bumbu pedasnya memang sangat menggoda. Bagi Kamu yang hobi makan ceker ayam, wajib banget buat cobain ceker setan saat jalan-jalan ke Jawa Timur.

  1. Penyetan – Jawa Timur

Lagi-lagi, Jawa Timur menawarkan kuliner super pedas yang tidak kalah menggoda. Nama penyetan sebenarnya diambil dari Bahasa Jawa yang artinya gepeng. Hal ini dikarenakan proses penyajiannya yang dipenyet terlebih dahulu, sehingga bentuknya menjadi gepeng.

Berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, tahu, dan tempe dipenyet menggunakan cobek bersama dengan sambal pedas. Bentuk lauk pauk yang menjadi hancur setelah dipenyet, justru membuat rasa masakan ini semakin menggoda. Hal ini karena bumbu pedas dari sambal akan semakin meresap ke dalam, sehingga rasanya makin nikmat

  1. Oseng-Oseng Mercon – Yogyakarta

Makanan khas Jogja bukan Cuma gudheg saja. Ada juga makanan khas yang ternyata rasanya sangat meledak di mulut. Sehingga, tidak heran jika ada istilah “mercon” yang melekat pada namanya. Hal ini karena makanan ini akan terasa meledak di mulut saking pedasnya. Nah, makanan khas Jogja yang dimaksud tersebut adalah oseng-oseng mercon.

Bahan utamanya bisa berupa daging ayam, kikil, gajih, atau daging sapi. Tentu saja dengan tambahan bahan yang sangat istimewa, yaitu cabe rawit. Biasanya, oseng-oseng mercon sangat mantap jika disajikan bersama nasi hangat yang masih mengepul. Oseng-oseng mercon khas Jogja memang sangat juara rasanya.

Nah, itu dia beberapa makanan super pedas dari berbagai daerah di Indonesia. Tentu saja, masih banyak jenis makanan pedas lainnya yang tidak kalah wajib untuk dicoba. Sebut saja ayam taliwang khas NTT, ayam betutu khas Bali, bebek pedas khas Madura, dan masih banyak kuliner pedas lainnya. Kira-kira, masakan pedas mana saja yang sudah pernah Kamu coba? Jika belum pernah, sebaiknya segera coba sekarang juga!

Jangan lupa untuk selalu menggunakan Antis Hand Sanitizer setiap sebelum dan selesai makan, ya.

Email Print