Cara Membersihkan Bahan Makanan Agar Terhindar Dari Virus Corona
mencuci bahan makanan

Antis Dalam menghadapi masa pandemi virus corona seperti saat ini, memakan makanan sehat adalah solusi yang tepat untuk meningkatkan imun tubuh. Apalagi dengan mengonsumsi makanan sehat buatan sendiri, tentu lebih dapat memastikan keamanan dan kesehatan untuk keluarga. Tentu saja, masa pandemi juga jadi ajang belajar memasak ala-ala chef ya guys.

Akan tetapi, meskipun dengan menu makanan sehat yang lengkap dan bergizi, jika tidak diimbangi pengetahuan dalam membersihkan bahan makanannya, tentu sama saja makanannya tetap tidak layak konsumsi.

Apalagi, bahan makanan yang kita beli di supermarket maupun di pasar, mungkin saja sudah terkontaminasi oleh banyak tangan yang menyentuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami bagaimana membersihkan bahan makanan sehingga bakteri dan virus yang menempel bisa hilang dengan tuntas.

Berikut ini adalah beberapa tips membersihkan bahan makanan agar terhindar dari virus dan bakteri.

  1. Memulai dari pencegahan diri sendiri

Sebelum membeli bahan makanan di supermarket atau pusat perbelanjaan lainnya, perlu kamu catat untuk selalu menjaga protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak dengan pembeli lainnya, mencuci tangan, dan jika perlu gunakan sarung tangan saat berbelanja. Hal ini sangat meminimalisir kemungkinan terjadinya kontak langsung dengan bahan makanan maupun dengan orang lain.

Sebelum memulai berbelanja, bersihkan terlebih dahulu trolli atau keranjang belanja yang kamu gunakan untuk menaruh belanjaan dengan menyemprot menggunakan sanitizer.

Saat memilih bahan makanan, pastikan kamu hanya mengambil bahan yang hendak kamu beli. Jangan banyak pegang barang tapi tidak jadi dibeli. Gak boleh ya guys!

  1. Menyediakan tempat khusus bahan makanan di rumah

Jika kamu sangat ekstra dan khawatir akan kontaminasi virus terhadap keluarga, sebaiknya kamu sediakan tempat khusus menaruh barang belanjaan. Untuk memastikan bahwa virus yang menempel benar-benar mati, tinggalkan belanjaan tersebut dan kembali mengolahnya setelah 72 jam.

Hal ini sesuai dengan sebuah penelitian di New England yang menyatakan bahwa virus yang menempel akan mati setelah 72 jam. Tapi, kalau daging atau sayur pasti busuk ya guys?

Nah, untuk mengatasinya, kamu perlu sediakan 2 kulkas di dalam rumah. Salah satunya, tentu khusus untuk menyimpan bahan makanan yang baru dibelanjakan dan tidak boleh dicampur dengan makanan siap santap.

  1. Cuci tangan dan bahan makanan

Pastikan kamu selalu mencuci tangan dengan sabun, sebelum dan sesudah menyentuh barang belanjaan. Jika tidak ada sabun kamu bisa membersihkan tangan dari kuman dan virus menggunakan Antis Hand Sanitizer.

Untuk hasil yang lebih baik, kamu juga bisa mencuci bahan makanan dengan cairan khusus pembunuh virus dan bakteri sebelum dicuci dengan air. Bersihkan juga meja dan peralatan lain yang terkontaminasi menggunakan air dan sabun ya.

Jadi, bagaimana guys? Sudah siap membuat hidangan lezat dengan bahan makanan yang higienis anti virus?

Email Print