Ini Alasan Kenapa Suku Baduy Tidak Terpapar Virus Corona

Tidak terasa sudah satu tahun virus corona melanda negeri kita tercinta ini, sepertinya hampir semua sudah terkena dampaknya. Tapi tahu gak sih kamu? Walaupun virus yang menyerang sistem pernapasan ini sudah melanda Indonesia selama satu tahun, ada daerah yang sampai saat ini yang masih 0 kasus positif covid-19.

Daerah tersebut adalah Desa Suku Baduy di pedalaman Provinsi Banten, bagaimana caranya mereka tidak terpapar virus corona? Berikut alasannya:

Ini Alasan Kenapa Suku Baduy Tidak Terpapar Virus Corona

Memulangkan Seluruh Warga yang Sedang Merantau

Pertama, sejak virus covid-19 menyerang awal Maret tahun 2020, pihak Suku Baduy langsung mengambil Langkah antisipasi. Warga Baduy yang sedang merantau di Jakarta, Tangerang, dan Bandung langsung diperintahkan untuk pulang. Sedangkan warga Baduy masih berada di Desa Kanekes, tidak diperbolehkan bepergian dan keluar desa.

Protokol Kesehatan yang Ketat

Kedua yaitu setiap orang yang berada di Desa wajib memakai masker, dan melakukan pembatasan kunjungan pada Kawasan Adat dan Budaya yang sering dikunjungi wisatawan. Kata Jaro Saija selaku Tetua Adat Masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes mengatakan, warga Baduy harus selalu memakai masker.

Berdoa Bersama

Ketiga, Suku Baduy juga melakukan doa Bersama. Saija mengatakan pada warga Baduy untuk melakukan doa Bersama untuk keselamatan mereka. Mereka juga membuat pagar pada batas – batas wilayah dengan doa, dan ada mantranya juga.

Itulah alasan kenapa suku Baduy tidak terpapar virus corona hingga saat ini. Semoga kita semua dapat mengikuti kedisiplinan yang dilakukan oleh suku Baduy, seperti mematuhi protokol Kesehatan, tidak bepergian jika tidak terlalu penting, dan selalu berdoa sesuai keyakinan masing – masing. Semoga virus corona di Indonesia segera mereda dan dapat kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Email Print