Jaga Daya Tahan Tubuh Kamu Saat New Normal dengan Makanan Ini

Antis Sistem kekebalan tubuh terdiri dari kumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah, virus-virus tersebut bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan infeksi.

Salah satu virus yang dengan mudah menyerang tubuh saat daya tahan tubuhnya menurun yaitu COVID-19 atau virus corona. Saat ini pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktivitas di luar dengan sebutan new normal.

Walaupun begitu, bukan berarti virus corona ini sudah menghilang. Kamu harus tetap menjaga daya tahan tubuh kamu saat new normal dengan makanan yang bernutrisi tinggi seperti di bawah ini.

Makanan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Makanan yang bernutrisi tinggi dan sehat dapat membantu kamu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat menghadang virus. Berikut makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh kamu:

Brokoli

Brokoli memiliki banyak serat dan antioksidan, serta kaya akan vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi ini yang membuat makanan ini dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu.

Bayam

Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tidak kalah tinggi dengan brokoli. Sayuran ini memiliki banyak kandungan beta karoten, vitamin C dan A yang efektif untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan memasak bayam terlalu lama ya agar nutrisinya tidak terbuang.

Bawang putih

Bawang memiliki kandungan zan allicin. Zat ini dapat menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh kamu dengan cara merangsang aktivitas dan produksi sel darah putih.

Selain itu, rempah yang paling sering digunakan untuk bahan masakan ini juga memiliki zat yang dapat membasmi virus, bakteri, dan parasit, dan juga memiliki sifat antioksidan yang bisa meredakan peradangan, menurunkan resiko terkena penyakit jantung dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Kunyit

Kunyit memiliki kandungan kurkumin, oleh karena itu warnanya kuning. Kurkumin adalah antioksidan yang berfungsi untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis.

Selain itu, kunyit juga memiliki potensi untuk mengurangi resiko terkena penyakit serius seperti diabetes, gangguan jantung, sampai tumor.

Buah-buahan

Buah-buahan yang memiliki warna cerah dan terang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Jenis buah yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah pepaya, jeruk, lemon, cabai, paprika, kiwi, mangga, jambu, dan stroberi.

Makanan laut

Makanan laut atau seafood memiliki nutrisi penting seperti protein, omega 3, asam lemak tak jenuh ganda, serta vitamin dan mineral. Nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh kamu tetap kuat. Makanan laut yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh yaitu ikan, kerang, dan tiram.

Itulah makanan yang bisa menjaga daya tahan tubuh kamu. Jangan lupa untuk makan teratur dan gunakan Antis Hand Sanitizer setelah pulang dari pasar membeli bahan makanan tersebut.

Email Print