Menyicipi Odading, Cemilan yang Bikin Kamu Kayak Iron Man

Antisantikuman.com – Odading, makanan ini seketika menjadi viral karena seorang pria merekam dirinya sambil memakan kuliner khas kota Bandung tersebut. Dalam videonya, dengan nada ngegas pria tersebut mengekspresikan betapa lezatnya odading buatan mang ole (pak sholeh) itu, ia bilang rasanya seperti menjadi Iron Man.

Walaupun tidak nyambung, tapi justru itulah yang menjadi keunikan dalam videonya yang dianggap lucu oleh netizen sehingga menjadi viral. Warung odading mang ole jadi ramai pembeli karena video promosi lucu itu. Pasti di antara kamu ada yang belum tau kan makanan apa sih odading itu? Nah karena itu yuk kenalan dulu sama jajanan tradisional khas Bandung ini. Namun sebelum makan, sebaiknya cuci tangan dulu ya.

Roti Goreng Khas Bandung

Odading adalah jajanan tradisional khas Bandung yang terbuat dari adonan roti yang digoreng. Tidak heran orang – orang menyebutnya dengan roti goreng. Kamu bisa menemukan odading di tempat penjual cakwe, karena biasanya juga odading dan cakwe dijual berbarengan.

Banyak varian rasa

Setelah viral, kini odading memiliki varian rasa yang lebih banyak. Tangan kreativ para penjual telah mengubah jajanan tradisional ini menjadi lebih kekinian. Kamu bisa menemukan odading dengan berbagai isi dan topping seperti green tea, cokelat, strawberry, milo, dan masih banyak lagi. Bentuk penyajiannya juga dibuat lebih simpel dengan dipotong – potong menjadi kecil sehingga lebih mudah dimakan.

Asal Usul Nama Odading

Asal usul nama makanan ini juga tidak kalah unik dengan video promosinya yang viral tersebut. Menurut cerita yang beredar, nama odading diambil dari kisah keluarga Belanda yang tinggal di Indonesia. Kala itu, anak dari keluarga tersebut meminta ibunya untuk membeli makanan yang dijual warga sekitar. Anak itu hanya bisa menunjuk – nunjuk ke jajanan tersebut karena tidak tahu nama jajanannya.

Setelah menghampiri penjual tersebut, si Anak meminta ibunya untuk membelikan roti goreng yang dijajakan dengan cara menunjuk – nunjuk, lalu ibunya berkata dalam Bahasa Belanda “O, dat ding” yang artinya “oh, yang itu.”

Semenjak itulah roti goreng yang viral tersebut diberi nama odading, karena pada saat itu warga sekitar juga tidak memberi nama pada makanan itu.

Nah sekarang sudah tau kan seperti apa odading itu? Kalau penasaran dengan rasanya, mending langsung ke penjual cakwe terdekat di kota kamu tinggal, siapa tau ada odading di sana. Jangan lupa cuci tangan ya sebelum makan.

Email Print