Selain Virus Corona, Beberapa Virus ini Juga Berbahaya

Virus corona yang melanda seluruh dunia telah membuat semua orang khawatir. Tapi virus corona ini bukanlah yang pertama yang menyebabkan kekhawatiran, jauh sebelum virus ini menyerang, dunia ini sudah sering dilanda virus lainnya yang juga berbahaya untuk kesehatan.

Walaupun beberapa sudah ada vaksin untuk mencegahnya, namun tetap saja virus ini juga harus kamu waspadai. Virus apa saja yang juga sangat berbahaya? yuk simak :

Virus Marburg

Yang pertama adalah virus Marburg. Virus ini teridentifikasi oleh ilmuwan pada tahun 1976, virus ini pertama kali menyerang para pekerja di laboratorium Jerman setelah terinfeksi virus dari kera Uganda. Virus ini memiliki gejala seperti demam berdarah, kerusakan organ tubuh, bahkan kematian.

Virus Ebola

Virus Ebola ditemukan pada tahun 1967. Penyebaran virus ini terjadi melalui kontak darah atau cairan tubuh lainnya, termasuk hewan yang terinfeksi. Gejala yang ditimbulkan mirip seperti virus Marburg.

Rabies

Virus ini ditularkan melalui gigitan hewan yang terinfeksi. Walaupun sudah ditemukan vaksinnya pada tahun 1920, virus rabies tetap saja berbahaya jika ada hewan yang belum disuntik vaksin.

HIV

Virus yang ditemukan pada tahun 1980 ini menjadi salah satu virus yang mematikan hingga dijuluki sebagai Pembunuh Terbesar. Virus ini diperkirakan telah memakan sekitar 32 juta jiwa sejak virus ini teridentifikasi.

Cacar

Sewaktu kecil apa kamu pernah mengalami penyakit cacar? Penyakit ini disebabkan oleh virus Varicella dan sudah lama diketahui. Gejala virus ini adalah muncul bintik pada tubuh dan demam. Walaupun bisa sembuh, tapi nyatanya virus ini telah membuat 300 juta orang meregang nyawa.

Hantavirus

Virus ini pertama kali terdeteksi ketika seorang pemuda di Amerika Serikat meninggal setelah beberapa hari mengalami gejala sesak nafas. Lalu ditemukan virus ini berasak dari seekor tikus rusa yang ada di salah satu rumah orang yang terinfeksi. Kurang lebih ada 600 orang di Amerika Serikat yang tertular virus.

Virus Flu Spanyol

Sebelum virus corona, ternyata ada wabah yang tidak kalah mengerikannya, yaitu Virus Flu Spanyol pada tahun 1918. Wabah ini memiliki gejala seperti covid-19 yang penularannya sangat cepat, ditambah saat itu belum ada obat untuk penyakit ini. Sekitar 50 juta orang meninggal akibat wabah ini.

Virus Dengue

Virus yang ditularkan melalui gigitan nyamuk ini pertama kali teridentifikasi pada tahun 1950 di negara Filipina dan Thailand. Semenjak itu virus ini menyebar dan menyebabkan penyakit demam berdarah dengue atau DBD. Virus ini akan sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Itulah virus yang juga sangat berbahaya selain virus corona. Tetap patuhi protokol Kesehatan dan jaga imun tubuh tetap sehat. Penyebaran penyakit juga seringkali disebabkan melalui sentuhan tangan, maka dari itu jaga kebersihan tangan mu dengan Antis Hand Sanitizer ya.

Email Print