Mengenal Kebab, Makan Enak Khas Timur Tengah

Kebab, siapa yang tidak tau makanan ini. Makanan enak khas Timur Tengah yang dikenal seluruh dunia termasuk Indonesia.  Di tempat asalnya yaitu Turki makanan ini biasanya menggunakan daging kambing, tetapi di Indonesia telah dimodifikasi dengan menambahkan bahan yang cocok untuk lidah orang Indonesia.

Bahan yang umum di Indonesia biasanya daging ayam atau daging sapi, ditambah dengan berbagai sayuran seperti tomat dan daun selada. Selain itu, apa saja sih yang menarik dari makanan ini? Yuk simak di bawah ini:

Kebab, Makan Enak Khas Timur Tengah

Cara Penyajian

Kebab di Indonesia dan Turki memiliki perbedaan dalam cara penyajiannya. Di Turki, pembuatan kebab hanya perlu bahan sepotong roti yang dibelah, lalu diisi dengan daging dan beberapa sayuran. Makanan Turki memang identik dengan roti dan daging. Di Indonesia, bahan dasar kebab bukanlah roti, yaitu tortilla atau kulit kebab. Untuk isian dan toppingnya dimodifikasi sesuai keinginan dan ciri khas makanan Indonesia.

Penggunaan Saus

Selain cara penyajiannya, Kebab di Turki juga tidak ada tambahan saus karena mayoritas masyarakat di sana tidak terbiasa makan pedas. Tidak heran jika kebab Turki agak sedikit hambar karena kurangnya bumbu atau rempah. Di Indonesia kebab yang kamu temui pasti terdapat tambahan saus cabai atau tomat, ditambah saus lainnya seperti mayonnaise, mustard, dan saus tartar.

Terdapat Banyak Varian

Di tempat asalnya, banyak sekali varian kebab mulai dari bentuk seperti burger, hot dog, hingga seperti sate. Kenapa? Karena bahan utama kebab di Turki adalah dagingnya. Di sini pasti kamu sudah terbiasa kan dengan kebab yang berbentuk tortilla, nah jangan kaget dengan bentuknya jika suatu saat kamu bisa mencicipi langsung di negara asalnya.

Saingan berat burger

Di berbagai negara kebab menjadi saingan burger loh, walaupun makanan pendatang tapi kebab cukup disukai oleh masyarakat di seluruh dunia. Maka tidak heran jika di gerai burger di Indonesia juga terdapat kebab di dalam menunya.

Semakin dikenal dunia

Kini kebab telah menyebar ke seluruh dunia termasuk Amerika, Eropa, Asia, termasuk Indonesia. Makanya saat di jalan kamu sering nemu kan gerai kebab. Tapi perlu kamu ketahui bahwa setiap negara memiliki varian yang berbeda karena harus menyesuaikan dengan lidah masyarakat di sana.

Itulah yang menarik dari Kebab. Gimana? Mulai ngiler ya? Buruan deh beli kebab di dekat rumah mu. Tapi saat keluar rumah tetap mematuhi protokol Kesehatan ya karena kondisi masih pandemi virus corona, bawa Antis Hand Sanitizer saat sebelum atau sesudah makan kebab ya.

Email Print