Kreasi Menarik untuk Melindungi Rumah dari Banjir

Memasuki musim hujan, kamu harus ekstra waspada terhadap bencana dan segala kemungkinan yang datang. Banjir adalah salah satu bencana yang sering melanda Ketika musim hujan, penyebabnya pun beragam. Seperti curah hujan yang tinggi, tersumbatnya saluran air, luapan sungai, dan lainnya.

Oleh karena itu, diperlukan kesadaran dari masyarakat dan upaya untuk mencegah dan mengatasi banjir seperti, tidak membuang sampah ke sungai, membuat kolam untuk menampung banjir, dan lainnya. Selain itu, kamu juga perlu melindungi rumah dari banjir untuk antisipasi lanjutan.

Untuk melindungi rumah dari banjir, kamu bisa membuat kreasi menarik berikut untuk mencegah air masuk ke dalam rumah. Kreasi apa aja sih yang bisa kamu buat sendiri untuk melindungi rumah dari banjir?

Water Gate atau Pintu Air

Water gate adalah alat yang terbuat dari PVC yang berfungsi untuk menahan air yang masuk dengan memanfaatkan tekanan air untuk membuat tekanan air tersebut menjadi stabil. Penggunaan water gate ini sudah banyak di luar negeri untuk menangani masalah banjir. Alat ini bisa kamu sesuaikan dengan lokasi yang akan kamu lindungi. Kamu bisa memasang water gate ini di sekitar rumah.

WIPP (Water Inflated Property Protector)

Selain water gate, kamu bisa coba membuat WIPP. Alat ini adalah sebuah tabung Panjang dengan penyangga internal yang terbuat dari polyester berlapis vinil dan awet. Cara kerjanya yaitu menahan air yang datang, maka dari itu jika rumah mu dekat dengan sungai atau saluran air, sebaiknya memasang alat ini. Alat ini simple dan mudah dalam penggunaannya, begitu juga jika sudah selesai, dapat dengan mudah disimpan Kembali.

Quick Dams

Memiliki cara kerja seperti WIPP, kamu bisa menggunakan quick dams ini sebagai pelindung rumah dari banjir. Kamu bisa membuat quick dams ini dengan mengisi karung dengan pasir lalu meletakkannya di sekitar rumah supaya air tidak masuk. 

Flood block

Floodblock adalah blok yang saling tersambung dan bisa ditumpuk satu sama lain. Alat ini berfungsi untuk melindungi rumah dari banjir. Berbentuk seperti peti yang bisa kamu isi sendiri dengan busa supaya air tidak rembes dari bawah. Kamu bisa membuat floodblock sendiri dengan peralatan bekas seperti jerigen dan tong air.

Flood Door

Flood door mirip seperti flood block, bedanya adalah flood door ini dipasang pada pintu untuk mencegah air masuk. Kamu bisa membuat flood door sendiri dengan alat bekas seperti flood block di atas, atau bisa juga membuat dari semen.

Itulah kreasi menaik untuk melindungi rumah dari banjir. Semoga rumah mu aman dari banjir dan tidak perlu repot lagi mengangkat barang – barang supaya tidak terkena air.

Email Print